Diduga Tercemar Limbah, Kali Bekasi Hitam dan Berbau Busuk

Diduga Tercemar Limbah, Kali Bekasi Hitam dan Berbau Busuk - JPNN.COM

jpnn.com, BEKASI – Kali Bekasi semakin mengkhawatirkan. Diduga tercemar limbah, airnya hitam dan berbau busuk. Padahal, air sungai yang melintasi Kota Bekasi, Jawa Barat, itu sangat dibutuhkan warga.

Selama dua pekan ini, kondisi Kali Bekasi menghitam dan mengeluarkan aroma busuk. Diduga tercemar limbah. Selain hitam, di beberapa titik juga berbuih.

Saking tercemarnya, ikan-ikan mati di Kali Rawa Tembaga yang berada di belakang kantor Pemda. Pencemaran di Kali Bekasi makin terasa karena saat ini musim kemarau.

Sebelum masuk wilayah Kota Bekasi, kondisi aliran air sudah berwarna hitam dan bau menyengat. Saat musim hujan, air limbah yang dibuang pelaku industri dan pabrik langsung bercampur air hujan dan terbawa arus, sehingga aromanya kurang menyengat. Warga Margajaya, Bekasi Selatan, Ahmadin, sudah kebal dengan kondisi ini.

BACA JUGA: Kali Bekasi Tercemar, Dinas LH Ambil Sampel 2 Hari Sekali

Berdasarkan pengakuannya, tercemarnya Kali Bekasi karena aliran air dari Sungai Cileungsi di Kabupaten Bogor mulai terjadi sejak 2016 lalu. Sejak itulah, pencemaran kali dari arah Selatan ini terjadi setiap bulan sampai saat ini.

“Sebulan sekali. Nanti ada seminggu atau lebih, kalinya item. Bau dan busa keluar. Belum lama ikan-ikan pada mati,” keluh Ahmadin.

Diakuinya, warga sebetulnya enggan melapor kepada pemerintah karena sudah berkali-kali dikeluhkan tapi tak diindahkan.