Didiskualifikasi dari Miss World karena Berstatus Janda, Ratu Kecantikan Ini Tak Tinggal Diam

RADARMALANGID – Ratu kecantikan Veronika Didusenko tak tinggal diam setelah dilarang berpartisipasi di kontes Miss World, lantaran statusnya menjadi seorang ibu anak satu dan janda yang bercerai. Pemenang Miss Ukraine 2018 ini pun mengambil langkah hukum terhadap Miss World yang dinilainya seksis dan ketinggalan zaman.

Dilansir dari BBC (1/12), Veronika Didusenko menuntut pihak penyelenggara mengubah persyaratan masuk dan menggugat organisasi yang berbasis di Inggris ini melanggar Undang-Undang Kesetaraan 2010. Wanita 24 tahun ini dinobatkan sebagai Miss Ukraine pada 2018, namun gelarnya dicopot empat hari kemudian ketika terungkap bahwa ia adalah seorang janda dan ibu bagi seorang putra.

Pencopotan gelar Veronika ini tentunya memicu kontroversi yang luas, hingga kemarahan masyarakat. Banyak yang mengklaim itu adalah tindakan diskriminatif dan ketinggalan zaman.

“Saya tidak berharap untuk menang dan saya tidak memiliki niatan untuk menang, mengingat saya sendiri memiliki karier modelling profesional, saya memiliki kehidupan yang cukup sibuk. Ketika itu terjadi, saya terkejut,” kata Veronika.

Veronika menuding penyelenggara Miss World yang pertama kali dihelat pada 1951 ini pun membuatnya dipermalukan di depan publik.

“Sangat memalukan ketika saya didiskualifikasi. Saya sangat sedih,” ujarnya.

“Saya harus mengembalikan gelar, mahkota dan hadiah uang,” imbuhnya.

Ibu satu anak ini tak memercayai jika aturan-aturan yang menurutnya kuno itu masih ada. Veronika pun berpikir pihak penyelenggara kontes kecantikan melanggar hukum kesetaraan.

“Ini adalah kasus diskriminasi yang jelas,” terang pengacara Veronika, Ravi Naik.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Miss World, Julie Morley sebelumnya mengatakan aturan itu ada untuk melindungi kesejahteraan anak-anak. Organisasi Miss World belum banyak memberikan komentar.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia