Didiagnosis Flu Biasa, Sampel Darah Pasien Terduga Coronavirus di Malang Tetap Diperiksa

KOTA MALANG – Beredar kabar pria yang baru saja pulang dari Hong Kong mengidap coronavirus dan kemarin (28/1) dirujuk ke Rumah Sakit dr. Saiful Anwar. Kabar ini pun membuat resah masyarakat.

Tenang saja, karena setelah diperiksa, pasien yang tidak ingin disebut namanya itu hanya flu biasa. Meski begitu, pihak RSSA Malang secara prosedural tetap mengirim sampel swap tenggorokan dan darah pria tersebut ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Jawa Timur.

“Secara pemeriksaan dari hasil wawancara dan pemeriksaan fisik, pasien dinyatakan negatif Coronavirus. Tapi sesuai prosedur sampel tetap dikirim untuk real time PCR,” ujar Ketua Tim Penanganan Coronavirus RSSA Malang, dr. Didi Candradikusuma, Sp.PD K-PTI, Rabu (29/1).

Didi menceritakan, awalnya pasien merupakan rujukan dari salah satu klinik di Kota Malang. Ia suspect (diduga) mengidap coronavirus karena batuk berdahak dan diketahui baru saja pulang dari Hong Kong.

“Setelah kami wawancara ternyata benar sebelumnya tanggal 25 dia (pasien) ke Hong Kong, tapi otoritas bandara menahan dan menyuruh pulang untuk keamanan,” ujar pria yang menjabat sebagai Kepala Instalasi Rawat Inap I RSSA Malang ini.

Karena kecurigaan itu akhirnya pasien dirujuk ke RSSA dan melalui fast track diterima untuk pemeriksaan pukul 14.00. Sesuai prosedur, pasien pun dikatakan Didi sempat dimasukkan ke ruangan isolasi dan pemeriksanya pun menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Ini mungkin yang bikin heboh. Padahal memang sesuai prosedur kalau ada rujukan suspect ya begini. Tapi setelah diperiksa negatif, pukul 17.00 pasien sudah dipindah ke ruangan biasa,” beber dia.

Sehingga pada kesimpulannya, pria tersebut hanya mengidap Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) berupa flu berat yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

“Jadi saya mohon semua tenang. Dan tetap menjaga pola hidup sehat dan bersih untuk mencegah coronavirus,” tandasnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia