Dicari, 16.401 Anggota KPPS Kota Malang, Berminat?

KPU Tetapkan Adi-Ami Pemenang Pilkada Kerinci Hari Ini

KOTA MALANG – Pemilu serentak 2019 memberi kesempatan bagi anak muda di Kota Malang untuk berperan. Lantaran, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang membutuhkan 16.401 orang untuk menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Kota Malang Deny R Bachtiar SSos saat menjadi pembicara dalam seminar bertajuk Fasilitasi Pendidikan Politik bagi Generasi Muda, beberapa waktu lalu.

Menurut Deny, 16.401 KPPS tersebut akan bertugas di 2.343 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di wilayah Kota Malang, sehingga nantinya tiap TPS akan diisi oleh 7 anggota KPPS. ”Rencananya pembentukan KPPS itu pada 28 Februari–27 Maret 2019,” imbuhnya.

Alumnus Universitas Merdeka Malang itu menjelaskan, dari sekian banyak jumlah petugas KPPS itu belum termasuk anggota perlindungan masyarakat (linmas). Dia menambahkan, jumlah personel linmas yang dibutuhkan sekitar 4.000 orang.

Nantinya, untuk linmas sendiri akan ditempatkan masing-masing dua personel di tiap TPS. Sehingga jika kebutuhan anggota KPPS dan personel linmas ditotal, maka KPU Kota Malang membutuhkan tak kurang dari 20.000 orang. ”Jumlah itu bisa bertambah apabila jumlah TPS kita bertambah,” ujar Deny.

Rencananya, pembentukan KPPS sendiri akan dilaksanakan pada tahun 2019, mulai tanggal 28 Februari hingga 27 Maret. Adapun syarat-syaratnya di antaranya warga Negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun, tidak menjadi anggota partai politik, berpendidikan minimal SMA, dan berdomisili di wilayah TPS.

Mantan pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) itu juga mengajak para generasi milenial yang hadir untuk terlibat dalam pemilu serentak tahun depan.

”Salah satu bentuk keterlibatannya dengan ikut menjadi penyelenggara pemilu, yaitu dengan menjadi petugas KPPS,” pungkasnya.

Pewarta: Andini
Editor: Amalia
Penyunting: Irham Thoriq