Dibuka Khofifah, Jatim Fair 2019 Incar Transaksi Hingga Rp 100 Miliar

JawaPos.com – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa membuka Jatim Fair 2019 di Grand City, Rabu (8/10). Sampai 13 Oktober nanti, pameran multiproduk terbesar di Indonesia Timur tersebut menghadirkan produk-produk unggulan dari berbagai kabupaten/kota di Jatim.

Kali ini pemerintah provinsi (pemprov) menargetkan transaksi Rp 100 miliar. Khofifah mengatakan bahwa Jatim Fair ke-10 itu merupakan forum bisnis yang mempertemukan produsen dan buyer dari berbagai wilayah.

“Mulai investor, komunitas bisnis, trader, mahasiswa, pelajar, pegawai negeri sipil, hingga swasta. Jadi, harus benar-benar dimanfaatkan untuk menjalin relasi bisnis,” tuturnya dalam sambutan.

Bukan hanya dari Jatim, para buyer dan trader juga berdatangan dari luar provinsi dan bahkan luar negeri. Pameran tahunan itu diramaikan 540 stan. Pemprov optimistis pameran selama enam hari itu mampu mendatangkan hingga 125 ribu pengunjung.



“Tahun lalu forum business meeting sangat lancar. Kali ini kami berharap dapat lebih kondusif sehingga mampu membukukan transaksi sesuai harapan,” ucap pemimpin 54 tahun tersebut.

Khofifah menyatakan bahwa selama semester pertama 2019, industri pengolahan menjadi kontributor terbesar produk domestik regional bruto (PDRB) Jatim. Kontribusinya sekitar 30,08 persen. Dalam periode yang sama, pertumbuhan ekonomi Jatim secara year-on-year mencapai angka 5,72 persen. Angka tersebut melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya berkisar 5,05 persen.