Diberi Kuota 142 CPNS, Pemkot Batu Bingung

KOTA BATU – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB) memberikan kuota 142 kursi CPNS Kota Batu. Sayangnya, Pemkot Batu mengaku saat ini belum membutuhkan penambahan tenaga kerja.

“Tahun kemarin kita sudah menerima 217 PNS sehingga tahun ini rencananya tidak membuka pendaftaran CPNS,” ungkap Muslich Kasubdit Data dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Batu.

Muslich mengungkapkan, saat ini BKSDM sedang menunggu perintah langsung Wali Kota Batu untuk menyikapi himbauan Kemenpan RB agar membuka pendaftaran CPNS sebanyak 142 Formasi.

Muslich menjelaskan dalam analisis jabatan (anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK), Pemkot Batu saat ini hanya membutuhkan 337 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Ia juga mengungkapkan formasi yang dibutuhkan sepenuhnya berijazahkan minimal D3 atau S1.

“Jajaran pegawai sendiri 25 persen dari 3228 Pegawai termasuk 480 pegawai honorer masih ada yang lulusan SMA sederajat. Oleh sebab itu kami melakukan perbaikan menurut peraturan,” imbuhnya.

Untuk itu perbaikan biasanya dilakukan melalui pembukaan formasi baru, namun hingga saat ini pihaknya masih menunggu perintah langsung dari Walikota untuk menindaklanjuti himbauan Kemenpan RB.

Terpisah, Dewanti Rumpoko Kepada Walikota Batu mengungkapkan Pemkot Batu saat ini tengah beraudensi dengan jajaran yang lain tentang pembukan 142 formasi CPNS di Kota Batu.

“Kami masih belum tahu. Apakah kedepannya akan membuka CPNS atau tidak. Bisa saja ada jajaran yang akan digeser untuk memenuhi 142 formasi tersebut, namun kami masih merapatkannya,” tandas perempuan yang akrab disapa Bude itu.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Ilustrasi
Penyunting: Fia