Diam-diam, Labkesda Kota Malang Raih Akreditasi Internasional.

KOTA MALANG – Diam-diam menghanyutkan, mungkin itu peribahasa yang tepat untuk menggambarkan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Malang. Ya, Laboratorium yang berada di Jalan Karya Timur 10, Blimbing, Kota Malang ini ternyata sudah meraih akreditasi Internasional, tepatnya pada Oktober lalu.

“Kita ikut dua akreditasi, dan salah satunya akreditasi internasional ISO 17025 dan itu sudah dapat sertifikatnya secara Internasional,” ujar Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Malang, Agus Widodo, SKM M.Mkes. 

Standard ISO ini adalah standar internasional sebuah Sistem Manajemen Mutu yang memang digunakan untuk mengukur mutu sebuah organisasi. “Harapannya tentu dengan akreditasi ini pelayanan kita di laboratorium ini menjadi lebih bermutu dan pelayanan kepada masyarakat juga meningkat,” papar Agus.


Standard ISO ini memang memegang peranan penting dalam mengukur kredibilitas suatu perusahaan. Kota Malang rupanya juga patut berbangga karena ISO 17025 sejatinya adalah standart internasional bagi lab. agar hasil pengujiannya diakui di dunia internsional.

“Untuk mendapat akreditasi ini cukup sulit karena banyak sekali poin yang harus terpenuhi dan itu sangat detail,” urainya.

Kinerja hingga kompetensi Petugas laboratorium sampai alat yang digunakan jadi poin penting dalam penilaian akreditasi ini. “Juga kita berharap meningkatnya PAD (Pendapatan Asli Daerah) karena semakin banyak yang memeriksakan ke sini sehingga menjadi sumbangsih kita ke Pemerintah Kota Malang,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting : Fia