Diabaikan Panti Jompo Saat Sesak Napas, Seorang Veteran Meninggal

Diabaikan Panti Jompo Saat Sesak Napas, Seorang Veteran Meninggal

JawaPos.com – Tiga anggota staf panti jompo di Georgia menjadi penyebab kematian seorang veteran Angkatan Laut Perang Dunia II, James Dempsey. Bukan hanya itu, diduga mereka juga menyembunyikan kematian tersebut.

Selasa 20 Februari merupakan empat tahun kematian Dempsey. Pada hari itu pula mantan perawatnya Wanda Nuckles dan Loyce Pickquet Agyeman serta ajudan Mable L. Turner didakwa terkait dengan kematiannya pada tahun 2014.

Pada Januari 2014, Dempsey dirawat di Pusat Rehabilitasi Northeast di Brookhaven, Georgia. Keluarganya mengatakan, ia telah mengalami masalah hati dan menjalani perawatan dialisis disana. Karena khawatir, keluarga menyimpan kamera tersembunyi di kamarnya.

Dilansir ABC news, keluarga korban terkejut ketika melihat video rekaman yang terjadi pada saat malam kematian Dempsey. Ia mengalami gangguan pernafasan dan berulang kali memanggil staf rumah sakit namun tak ada respon sama sekali. Akhirnya Dempsey tidak selamat dan menghembuskan napas terakhirnya.

Kantor kejaksaan mengatakan, video tersebut baru diumumkan pada November 2017 setelah keluarga korban menuntut adanya kelalaian dari pusat rehabilitasi. Selain itu, mereka juga gagal menelepon pihak rumah sakit ketika tahu Dempsey mengalami nyeri di dada.

Mereka didakwa melakukan pengabaian terhadap orangtua dan menyembunyikan kematiannya. Sebab mereka sempat berpura-pura membantu Dempsey memompa pernafasan setelah kematiannya.

Ketika diwawancara, Nuckles tidak mengeluarkan komentar apapun. Pengacaranya tidak mengizinkannya untuk mengatakan apapun kepada media. Begitu pula dengan Turman atau Agyeman.

Perusahaan yang mengelola panti jompo juga tidak mengomentari apapun.


(iml/JPC)