Di Unikama, Kak Bimo Beber Tips Mendongeng

MALANG – Master dongeng nasional Bambang Bimo Suryono hadir di Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang), Sabtu (11/1).

Pria yang akrab disapa Kak Bimo itu mengajari guru PAUD dan mahasiswa kiat mendongeng. Dia hadir untuk mengajari teknik dongeng yang memang lebih efektik dan lebih menarik di mata siswa anak usia dini.

Kak Bimo- sapaan akrabnya menyebut dongeng sejatinya lebih masuk ke telinga siswa usia dini daripada pelajaran biasa atau konvensional yang diajarkan guru.

“Pertama, kita sebagai guru harus bisa menyelami perasaan dan kadar akal anak-anak, harus akrab dulu membangun hubungan yang baik di awal,” tukas pendongeng nasional dari Jogjakarta ini.

Usai mendapat trust dari anak, guru harus memilih cerita yang menarik untuk anak anak. “Anak-anak itu paling suka cerita yang berhubungan dengan binatang, humor, kepahlawanan. Tapi disini pahlawan fiksi, hal itu akan lebih masuk ke motoriknya,” tambah pria yang tergabung dalam Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI) ini.

Kiat ketiga, siapkah hadiah. “Siapkan hadiah mininal tiga, bagi siswa yang paling tenang, paling antusias dan bisa menjawab pertanyaan,” tambahnya pria yang kini menetap di Jakarta itu.

Ketiga, guru diharap mampu perkaya cerita maupun kompetensi lain. Contohnya bisa lewat puisi ataupun deklamasi hingga kill beladiri.

“Sesederhana mungkin yang penting bisa menambah kegembiraan atau unsur entertain dalam bercerita,” tukasnya.

Terakhir, selalu menambah benchmark dari pendongeng lain. Guru PAUD didorong untuk terus mengembangkan diri dengan menengok pendongeng lain yang sudah berpengalaman. “Semakin sering melihat, maka skenario penceritaan hingga teknik akan makin meningkat dan bertambah,” tutupnya.

Lewat acara besutan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PG PAUD, Unikama ingin meningkatkan kompetensi dan skill baik mahasiswa dan guru PAUD terkait pada anak usia dini.

“Sekarang kan marak penggunaan gadget, maka mendongeng ini jadi kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan oleh guru di tingkat PAUD untuk distraksi anak dari terpaan gadget,” tukas Henny Anggraini MPsi, Kaprodi PG PAUD Unikama, Sabtu, (11/1).

Bertajuk seminar dan workshop, acara program kerja HMPS PG PAUD kali ini mengangkat tema teknik mendongeng untuk mengembangkan karakter dan bahasa anak usia dini. “Pesertanya datang dari Guru PAUD sekota malang dan mahasiswa,” tambahnya.

Unikama berniat memberikan penambahan skill bagi guru dan mahasiswa. Dengan menambah ketrampilan mendongeng, diharapkan mereka bisa punya skill tambahan untuk bercerita yang akhirnya menambah kognitif si anak.

“Mendongeng kan bercerita, tentunya berguna jadi sebuah metode untuk meningkatkan aspek perkembangan kognitif, sosio emosional dan bahasa,” tutup Henny.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido

Editor : Indra M