Di UIN, Bisa Mendeteksi Makanan lewat Aroma

Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang mendukung penuh Kota Malang sebagai kota yang mengandalkan Halal Tourism. Menurut Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr Abdul Haris MAg, ada banyak cara untuk mempercepat realisasi Halal Tourism.

MALANG KOTA – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang mendukung penuh Kota Malang sebagai kota yang mengandalkan Halal Tourism. Menurut Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr Abdul Haris MAg, ada banyak cara untuk mempercepat realisasi Halal Tourism.

”Kami ada lembaga humaniora, studi minor seperti pariwisata dan lembaga lain yang bisa menjembatani potensi Halal Tourism,” ucap Haris saat berdiskusi dengan manajemen Jawa Pos Radar Malang kemarin (4/4).

Selain itu, di UIN Maliki Malang juga ada lembaga riset dan fatwa yang bernama Majma’ al Buhuts wa al Ifta’ (MBI). Menurut dia, lembaga ini memiliki teknologi canggih yang bisa mendeteksi halal atau tidaknya makanan. ”Ada teknologi bernama nose electric yang bisa mendeteksi kehalalan makanan dari aromanya,” imbuh pria yang gemar berpuisi ini.

Bahkan, baru-baru ini, alat itu disempurnakan dengan  tongue electric  yang bisa juga mendeteksi makanan dari rasa–yang sudah didigitalisasikan melalui komputer. Dia berharap, lembaga yang berada di UIN Malang itu bisa mempermudah pelaku usaha mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dukungan UIN Maliki Malang untuk Halal Tourism tidak hanya itu. Kampus di Jalan Gajayana, Kota Malang, ini juga akan membuat kampung syariah dan kampung bahasa di Ketawanggede dan Lowokwaru. Dalam membuat event-event, UIN Maliki Malang juga siap bersinergi dengan Radar Malang. Apalagi, koran ini mempunyai Duta Hijab Jawa Pos Radar Malang.



Dalam kunjungannya ke kantor Jawa Pos Radar Malang, kemarin Abdul Haris ditemani Wakil Rektor I Dr Zainudin MA, Wakil Rektor II Dr Ilfi Nurdiana MSi, dan Wakil Rektor III Dr Isroqun Najah MAg. Sedangkan dari Radar Malang, hadir menyambut rombongan Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad, General Manager Don Virgo, Pemimpin Redaksi (Pemred) Abdul Muntholib, serta sejumlah manajer.

Pewarta : NR2
Penyunting : Irham Thoriq
Copy Editor : Dwi Lindawati
Foto : Rubianto