Di Three In One Program FEB UB, Praktisi HRD Ungkap Tantangan Manajemen Karyawan

KOTA MALANG – Salah satu tantangan yang akan dialami seorang human capital atau HRD di sebuah perusahaan adalah konflik batin. Hal ini pernah dirasakan Human Capital and General Services Department PT Bina Pertiwi (Astra Group), Dani Kurniawan, SE.

Dihadapan 250 mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB), Dani menceritakan pengalaman kerjannya itu. Tak mudah baginya menghempas konflik yang membuat otak dan hatinya seakan ‘berperang’ tersebut.

“Gini, sering banget kita punya karyawan rajin, berprestasi yang harusnya diapresiasi. Ntah diberi bonus atau apalah. Tapi keadaan perusahaan dalam keadaan down, aduh itu bener-bener konflik di hati,” ungkapnya, Selasa (17/9) di Aula Gedung D FEB UB.

Niat mau berbaik hati agar hati karyawan senang pun kadang pupus seketika. Dalam keadaan seperti itu, seorang human capital menurutnya harus bersikap rasional. Mungkin di lain hari apresiasi tersebut pasti akan diberikan.

“Ya bilang aja apa adanya kalau sudah seperti itu. Gimana pun kita pasti punya kodrat manusia yang punya rasa iba. Ya itulah tugas kita, ya memanajemen karyawan, ya juga manajemen diri sendiri,” bebernya sambil tertawa.



Masih banyak hal lain yang diulas Dani dalam kuliah tamu itu. Beruntungnya mahasiswa jurusan manajemen dapat belajar langsung ke praktisinya. Kuliah ini merupakan rangkaian Three in One Program. Yakni program dari universitas yang mendatangkan praktisi serta dosen profesor dari luar negeri.

“Paktisi dan profesor lalu akan berkolaborasi dengan dosen internal. Dengan harapan wawasan mahasiswa dapat kaya dari segi pengalaman kerja dan penelitian,” kata Ketua Three in One Program Jurusan Manajemen, Risca Fitri Ayuni, SE, MM, MBA, CMA.

Jurusan manajemen akan menggelar Three in One Program sebanyak dua kali. Untuk selanjutnya di bulan Oktober, giliran Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad yang akan mengisi sebagai praktisinya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia