Di Rusia, Unisma Kerja Sama dengan Enam Kampus Ternama

RUSIA – Universitas Islam Malang (Unisma) dengan Pemerintah Kota Samara Rusia, saat ini ibarat saudara yang lama tak jumpa. Ketika rombongan Unisma yang dipimpin Rektor Prof Dr Maskuri Bakri berkunjung pada 11–14 September lalu, sambutan begitu hangat. Bahkan para petinggi Pemerintah Samara Rusia dan sejumlah kampus menyambut.

Seperti pada Jumat (13/9), bertempat di Gedung Kementerian Kebudayaan (The State Office of Ministry of Culture), Samara, Rusia, tim Unisma bersama dengan delegasi dari Pemerintah Kabupaten Malang diterima Ketua Parlemen Samara Region, Rusia, Mr. Alexey Degtev, President of Samara Universities Council Prof Dr Galina Kozlovskaya, Rektor Moscow City University, Samara, serta Ketua Komisi Bidang Pendidikan Parlemen Samara Madam Tatiana Bodrova.

President of Samara Universities Council Prof Dr Galina Kozlovskaya pada sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran Unisma Malang merupakan salah satu pintu dalam rangka peningkatan hubungan kerja sama antara Rusia dan Indonesia. Khususnya di bidang pendidikan dan pariwisata.

”Langkah Unisma menggandeng pemerintah setempat, yaitu Pemerintah Kabupaten Malang, strategis untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing, khususnya di Kabupaten Malang, Indonesia, dan Kota Samara, Rusia,” ujar dia.

Lebih lanjut, Rektor Unisma Prof Dr H. Maskuri MSi menyampaikan bahwa kunjungan kali ini adalah atas undangan dari Moscow City University, Samara, Rusia, yang telah berkunjung ke Unisma dan ke Pemerintah Kabupaten Malang.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Global Summit of University Leaders (Konferensi Tingkat Tinggi Pimpinan Perguruan Tinggi Tingkat Dunia) yang dihelat di Unisma, Maret 2019 lalu.

Pada kesempatan tersebut hadir juga Wakil Wali Kota  Samara, Rusia, untuk menjajaki kerja sama di bidang edutourism, ecotourism, dan agrotourism antara Unisma dengan Samara, Rusia.

Unisma menggandeng dan mengajak Pemkab Malang sebagai bentuk perwujudan tridharma di bidang pengabdian Unisma kepada masyarakat Kabupaten Malang melalui sinergi dengan pemerintah kabupaten dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor ekonomi, budaya, dan pariwisata.

Kehadiran delegasi Unisma bersama delegasi pemerintah Kabupaten Malang yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Ir Didik Budi Muljono MT, yang  mewakili  Plt Bupati H.M. Sanusi ke Samara, Rusia, adalah sangat strategis untuk pengembangan edutourism. Dalam waktu dekat, delegasi dari Samara Rusia, yang terdiri dari unsur dosen, pimpinan daerah, dan mahasiswa Rusia akan berkunjung ke Unisma dalam rangka visiting scholars and international community services di beberapa desa di Kabupaten Malang.

”Beberapa destinasi wisata yang akan dikunjungi antara lain Desa Wisata Pujon Kidul, Wisata Pantai Kabupaten Malang, Wisata Petik Apel, air terjun, dan Wisata Pendidikan dan Budaya akan menjadi tujuan mereka,” terang Kepala Kantor Urusan Internasional Unisma Dr Imam Wahyudi Karimullah MA.

Kota Samara, Rusia, adalah kota industri, teknologi, pendidikan, dan kota budaya. Penduduk Kota Samara termasuk multikultural yang terdiri dari berbagai kewarganegaraan dan hampir lebih dari 150 negara yang tinggal di kota ini. Sebagai kampus multikultural, pilihan Unisma untuk menggandeng Kota Samara adalah pilihan yang tepat.

Pada kunjungan kali ini, Rektor Unisma yang didampingi Wakil Rektor 2 Noor Shodiq Askandar SE MM melaksanakan kegiatan penandatanganan MoU dengan 6  perguruan tinggi ternama  di Samara, antara lain Samara State University of Social Sciences and Education, Samara State Medical University, Samara State Technical University, Samara National Research, Povolzky State University of Telecommunication and Informatics, Rusia.

Kegiatan penandatanganan MoU yang diliput media televisi nasional Rusia ini tidak hanya disaksikan oleh delegasi Pemkab Malang, melainkan juga disaksikan oleh para pejabat pemerintah Kota Samara Rusia.

Ini merupakan program unggulan Unisma, yaitu program Global Linkages of University, Government, Industry, and Community. Melalui program ini, kampus hijau di Jalan MT. Haryono Kota Malang ini menyinergikan peran universitas, lembaga pemerintahan, industri, dan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan dunia. Hal ini sejalan dengan milestone Unisma, yaitu Research University (2018–2023).

Dan pada tahun yang akan datang Unisma akan menuju Entrepreneur University (2023–2027) dan World Class University (2027–2031). Dalam rangka menyongsong World Class University, program Global Linkages Unisma ini juga sejalan dengan slogan Unisma, yaitu dari Nahdlatul Ulama untuk Indonesia dan Peradaban Dunia.

Oleh karena itu, sebagai bentuk tindak lanjut MoU yang telah ditandatangani, dalam waktu dekat akan diselenggarakan joint online class, joint curriculum, joint research, dan community services yang salah satunya akan berbasis pada promosi sektor budaya dan pariwisata Kabupaten Malang melalui pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia bagi warga dan mahasiswa Rusia.

Seusai kegiatan di Samara Rusia, delegasi Unisma akan melaksanakan kegiatan MoU di Uzbekistan dan dilanjutkan ke Azerbaijan dalam rangka Global Lingkages of Unisma Program, yang telah menjadi dambaan mulai dari perintis, pendiri, dan pengabdi Unisma saat ini. Sepulang dari lawatan, kita akan tancap gas untuk menindaklanjuti program-program yang sudah menjadi kesepakatan bersama, yakni PTLN yang merupakan partner dari Unisma.

Pewarta : Sandra Desi
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Abdul Muntholib