Di Olimpiade Tokyo 2020, Atlet Bakal Tidur di Kasur Kardus Ini

 

RADARMALANGID – Menyambut olimpiade 2020, Jepang gencar mempromosikan teknologi berbasis lingkungan. Sebab, pesta olahraga empat tahunan itu mengusung konsep keberlanjutan yang meminimalisir polusi.

Setelah membuat medali hasil daur ulang telepon seluler lawas, penyelenggara olimpiade membuatkan kasur ‘kardus’ yang akan jadi tempat tidur para atlet saat kompetisis berlangsung pada Juli hingga Agustus 2020 esok.

Dilansir dari Mashable (10//1), sebanyak 18.000 rangka kasur yang terbuat dari kardus saat ini sedang diproduksi di Tokyo untuk mengisi ‘Athletes Village’. Prototipe kasur bernuansa putih dan biru itu pun dirilis ke publik oleh penyelenggara baru-baru ini.

Adalah Airweave, perusahaan furniture asal Jepang, yang mengkreasikan kasur tersebut. Mereka menggunakan kardus yang telah didaur ulang sebagai material dasar dan diklaim lebih kuat dari kayu. Menurut manajer Athletes Village, Takashi Tajima, kasur kardus itu mampu menopang beban hingga 200 klilogram.

Menurut laporan Associated Press, kardus hanya digunakan sebagai kerangka saja tidak untuk bantalan. Seusai olimpiade material plastik dari bantalan akan didaur ulang. Demikian juga dengan rangka kasur kardus yang bakal diolah kembali.

Selain medali dan kasur, Jepang sebagai tuan rumah juga tengah menyiapkan berbagai fasilitas berdesain ramah lingkungan. Misalnya, obor dari limbah alumunium dan podium pemenang yang dibuat dari daur ulang sampah plastik.

Beragam pendekatan pun dilakukan untuk menyambut festival olahraga yang diklaim tanpa emisi tersebut. “Olimpiade adalah acara besar, jadi ini merupakan kesempatan bagus untuk warga kita turun tangan dalam isu perubahan iklim dan keberlanjutan,” ujar direktur olimpiade Kumiko Sugawara.

Penulis: Zhavirra Noor Rivdha
Foto: Mashable