Di Kabupaten Malang dan Kota Batu, Gus Ipul Unggul

Gus Ipul.

KABUPATEN – Hasil hitung cepat sementara pada Pemilihan Gubernur Jatim 2018, menempatkan pasangan Khofifah dan Emil Dardak unggul. Namun, di Kabupaten Malang dan Kota Batu, pasangan Khofifah-Emil kalah dari pasangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno.

Dari data Bakesbangpol Kabupaten Malang kemarin (27/6) hingga pukul 20.00, tercatat jumlah suara untuk Gus Ipul sebesar 51,53 persen. Sementara perolehan suara untuk Khofifah 48,47 persen.

”Ini baru data sementara saja karena rekap datanya baru masuk 60 persen dari keseluruhan jumlah partisipan,” ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Malang Bachrudin.

Data tersebut merupakan rekapitulasi sementara dari hasil perolehan suara di 33 kecamatan. ”Seluruh kecamatan sudah ada datanya, tapi belum semua desa kami terima laporannya. Jadi, ini hanya data sementara,” tambahnya.

Namun, data bakesbangpol tersebut berbeda dengan versi quick count Avemedia yang menyebut Khofifah-Emil meraih 54,3 persen. Sementara Gus Ipul-Puti mendapatkan 45,7 persen.



Seperti diberitakan sebelumnya, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Malang yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebanyak 1.966.373 orang. Dari penghitungan sementara tersebut tak lebih dari separonya yang berpartisipasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Dari jumlah DPT, paslon nomor urut 1 (Khofifah-Emil) mendapatkan 564.882 suara atau 48,47 persen. Sementara paslon nomor urut 2 (Gus Ipul-Puti) meraih 600.576 suara atau 51,53 persen.

Sementara jumlah surat suara tidak sah mencapai 20.252 suara atau 1,04 persen dari DPT. Dan, jumlah pemilih yang tidak hadir mencapai 1.215.037 orang atau 61,76 persen dari total DPT. Angka ini tentunya berbanding terbalik dengan target partisipasi pencoblosan di Kabupaten Malang, yakni 77,5 persen.

Sebelumnya Bupati Malang Rendra Kresna berharap, partisipasi masyarakat kabupaten dalam ajang Pilgub 2018 mencapai 80 persen.

”Upaya untuk sosialisasi sudah kami sampaikan dalam berbagai kesempatan. Harapan saya, masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan sebaik mungkin,” ujar Rendra.

Di Kota Batu, senada dengan di Kabupaten Malang. Dari data hasil Pilgub Jatim di website KPU pusat dari Kota Batu hingga pukul 20.00, Gus Ipul-Puti meraih 10.049 suara atau 50,90 persen. Sementara duet Khofifah-Emil meraup 9.693 suara atau 49,10 persen.

Ketua KPU Kota Batu Rochani menyatakan bahwa data tersebut masih bersifat sementara. Sebab, input data perolehan suara dari TPS masih berlangsung.

”Angka tersebut belum sepenuhnya valid karena masih sekitar 33 persen. Kami masih melanjutkan penghitungan suara dan akan kami targetkan tengah malam nanti (tadi malam) sudah terkumpul seluruhnya,” ujar dia.

Kemenangan Gus Ipul-Puti itu seperti terjadi di TPS 22, Desa Pesanggrahan, Kota Batu. Di TPS tempat Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mencoblos, Gus Ipul-Puti meraih 135 suara. Sedangkan Khofifah-Emil meraup 122 suara.

”Untuk pengumpulan suara di TPS sebanyak 70 persen tercapai. Sisa 30 persen tidak hadir mungkin dikarenakan tugas dinas di luar kota,” ujar Saifudin Anwar, ketua pemungutan suara.

Sementara di TPS 14 yang berlokasi di Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Batu, pasangan Gus Ipul-Puti juga unggul dengan 267 suara. Sedangkan Khofifah-Emil hanya mendapatkan 38 suara.

”Untuk TPS 14 hanya 3 suara yang tidak sah,” tandas Iwan Setiawan, ketua pemungutan suara Songgokerto.

Sedangkan di TPS 17 Kelurahan Temas, pasangan Khofifah-Emil unggul dengan 167 suara. Sementara pasangan Gus Ipul-Puti 144 suara.

Di TPS 11, Jalan Diran, Kelurahan Sisir, Kota Batu, raihan suara Gus Ipul mendominasi dengan 134 suara. Sedangkan suara Khofifah di tempat Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mencoblos itu meraih 60 suara.

Di Kota Malang, berdasarkan hasil quick count yang dirilis Avemedia, Khofifah-Emil unggul 56,9 persen. Sedangkan Gus Ipul-Puti meraup 43,1 persen.

Pewarta: Farik Fajarwati, Octo Pratama & Aris Dwi
Penyunting: Achmad Yani
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Jawa Pos