Di Jazz Gunung Bromo, Djaduk Ferianto Ajak Penonton Nyanyi Bareng Lupakan Cebong Kampret

PROBOLINGGO – Malam ini (27/7) gelaran Jazz Gunung Bromo ditutup dengan kolaborasi Didi Kempot bersama Ring of Fire Project yang dimotori oleh Djaduk Ferianto. Sebelum menyajikan performnya, Djaduk mengajak ribuan penonton di Amfiteater, Jiwa Jawa Resort menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Marauke.

“Dari Sabang sampai Merauke… Menjajah pulau-pulau… Sambung menyambung menjadi satu… Itulah Indonesia… Indonesia tanah airku… Aku berjanji padamu… Menjunjung tanah airku…Tanah airku Indonesia,” nyanyi Djaduk dengan iringan musik.

Usai menyanyikan lagu itu, penonton diminta untuk menirukan. Bukan tanpa alasan, ia ingin penonton menyanyikan lagu itu bersama-sama untuk menyatukan kebhinekaan yang sempat pupus di awal tahun akibat Pemilihan Presiden 2019.

“Menyanyilah dengan prasaan, hayati betul. Lagu ini sangat kuat untuk kita bersatu kembali. Setelah saya, anda nyanyi ikuti saya,” ujarnya kepada penonton.

Ia membeberkan lagu ini sangat berpengaruh akan situasi ketidakpercayaan diri bangsa kita di awal tahun 2019 ini. Seakan-akan bingung mau ikut siapa. Masyarakat Indonesia terpecah jadi dua kubu pemilih.



“Mari jangan ada cebong dan kampret lagi. Kita bangun bangsa kembali persatuan ini, seperti tagline Jazz Gunung Bromo, bersaksi untuk ibu pertiwi,” tutup sang maestro.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Shuvia Rahma
Penyunting: Fia