Di Hadapan Relawan Jokowi, Ngabalin Beberkan Visi Indonesia Sentris

Ngabalin

RADAR MALANG ONLINE – Pembangunan Indonesia Sentris yang menjadi visi besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pada keadilan dalam pembangunan. Namun kontrol utamanya tetap ada di Jakarta.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat diskusi dan buka bersama Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ), di Patra Jasa Tower, Gatot Subroto, Jakarta.

Menurut Ngabalin, pembangunan dari Aceh sampai Papua bukan hoaks. Jika ada yang mengatakan demikian berarti fitnah. Bahkan, dalam pelaksanaannya visi Indonesia Sentris terus diawasi dan dievaluasi langsung oleh Presiden Jokowi.

“Hal ini terlihat kasat mata dari rutinnya kegiatan rapat terbatas. Presiden terus meminta update dari berbagai program pembangunan. Sampai turun ke lapangan,” paparnya.



Sementara itu, Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Eko Sulistyo menyatakan, Indonesia Sentris merupakan antitesis dari visi yang melihat bahwa pembangunan di Pulau Jawa saja. Bahkan, visi inilahir melalui kajian matang dan juga berdasarkan perhitungan dan angka-angka ekonomi.

“Pemerintah ingin menyebarkan kue pembangunan ke daerah-daerah, supaya daerah lain menerima manfaat dari pembangunan. Supaya terjadi keadilan di seluruh Indonesia,” tegasnya. 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan mengacungi jempol kinerja Presiden Jokowi dalam empat tahun terakhir. Menurutnya, Jokowi merupakan sosok Presiden yang memahami rakyat karena membangun berbagai infrastruktur ke pelosok daerah. 

“Memang terjadi suatu perubahan, alokasi, pembangunan dari ujung ke ujung, dan dengan berbagai penampilannya ini bahwa (Jokowi) Presiden untuk semua,” kata dia. 

Bara membandingkan pembangunan di era Jokowi dengan era sebelumnya. Dimana pada era sebelumnya ada kecenderungan pemerintah pusat kurang memperhatikan pembangunan di luar Pulau Jawa.

“Siapapun Presidennya teruskan, tapi tentu harus beri kredit pada Jokowi yang sudah bekerja keras. Yang sudah baik akan dilanjutkan, dan kami harapkan akan ada akselerasi,” ucapnya. 

(gwn/JPC)