Di CFD Jalan Ijen, Guru-Guru PGRI Asik Main Gobak Sodor

KOTA MALANG – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Malang mempunyai cara unik dalam merayakan ulang tahunnya ke-74. Hari ini (8/12), puluhan guru menggelar permainan tradisional di Car Free Day (CFD) Kota Malang. Kegiatan ini merupakan upaya un tuk melestarikan permainan tradisional Indonesia, khususnya Gobak Sodor.

Para guru yang berkostum olahraga berlarian dan berkonsentrasi untuk menghadang lawan agar tak lewat dan sebaliknya menghindari penjagaan lawan agar lolos dan mendapat poin. Aksi bermain para pendidik itu pun menarik perhatian pengunjung CFD pagi tadi.

Salah satunya yang mengaku senang adalah guru PGRI Kecamatan Sukun, Ayu Sunardi. Dikatakannya, game tersebut selain bisa menyehatkan tubuh, juga mampu melestarikan permainan tradisional.

“Seru sih kan ini juga ditonton banyak orang ya (di CFD) termasuk anak-anak. tentunya dengan menonton perlombaan yang seru ini bisa juga dilakukan anak-anak ketika bermain di rumah ataupun sekolah,” tutur guru SD Islamic Global School tersebut.

Wakil Ketua PGRI Kota Malang, Tri Suharno, S.Pd menerangkan, dalam acara tersebut, kelompok guru se-kecamatan di Kota Malang yang terbagi dalam 10 tim masing-masing lima tim putri dan putra, mereka berkompetisi Gobak Sodor.

“10 Tim tersebut merupakan guru dari kecamatan di Kota Malang dan setiap tim itu terdiri dari 5 anggota,” terangnya.

Selanjutnya, ia menjelaskan, kalau dalam kompetisi tersebut menggunakan sistem knock out atau sistem gugur untuk menentukan sang juara.

“Jadi kan ada 5. Ini ada dua tim yang harus berlomba dulu sebelum ke semifinal dan lanjut ke final,” tuturnya.

Setiap permainan, kata Tri, terdiri dari dua babak. Setiap babaknya terdiri dari dua menit permainan.

Sebagai informasi, selain perlombaan gobak sodor, di ulang tahun ke-74, PGRI kota Malang juga melaksanakan gerak jalan dan juga senam zumba yang bertempat di panggung senam Zumba CFD jalan Ijen.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia