Di Balik ‘Mamba Mentality’, Cara Menjadi Pribadi Tangguh Ala Kobe Bryant

RADARMALANGID – 3 hari pasca kepergiannya, dunia masih berduka mengenang Kobe Bryant. Dunia mengenal pria 41 tahun itu bukan hanya sebagai pebasket multitalenta namun juga pemilik mental baja yang populer dengan sebutan ‘Mamba Mentality’.

“Mamba mentality adalah tentang fokus pada proses dan mempercayai kerja keras. Mantra utama untuk semangat kompetitif,” ungkap pria berjulukan ‘Black Mamba’ itu kepada Amazon Book Review mengutip dari cheatsheet (29/1).

Pada dasarnya ‘Mamba Mentality’ adalah pola pikir yang ditanamkan oleh Kobe untuk mencapai hasil terbaik. “Kerja keras melebihi bakat. Mamba mentality adalah tentang berolahraga pukul 4 pagi, melakukan lebih dari yang lain, dan percaya pada kerja keras yang telah dilakukan saat tampil,” jelasnya.

Bagi Kobe, memiliki mental ini berarti memilih untuk bertahan dan menaklukkan daripada berhenti dan berlari. “Berhenti mengasihani diri sendiri, carilah kekuatan dan bekerja dengan keyakinan yang sama,” tukasnya.

Mungkin Kobe menjadi atlet pertama yang memikirkan aspek mental dalam olahraga, khususnya basket. Dari cerita kerabat Kobe saat SMA kepada New York Post, bahkan Kobe sudah membahas filosofi untuk fokus dan disiplin ini sebelum dirinya bergabung di NBA di tahun 1996 kala usianya baru 18 tahun.

Tak hanya digunakan oleh peraih gelar Most Valuabe Player NBA tahun 2008 tersebut, semangat ‘Mamba Mentality’ meluas dan diadopsi oleh fans Kobe hingga para atlet profesional. Sebagai motivasi untuk terus melaju bagaimanapun badai menerpa.

Hingga akhirnya tahun 2018 lalu buku ‘The Mamba Mentality: How I Play’ rilis di pasaran menyusul pensiun Kobe dari LA Lakers. Dalam bukunya, bapak 3 putri itu membagikan kisah perjalanan di dunia basket profesional menggunakan mental Mamba-nya.

Nyawa Kobe dan sang putri, Gianna, tak tertolong setelah helikopter yang ditumpanginya jatuh di kawasan Calabasan, California. Mereka tewas bersama 6 orang lain yang hendak berlatih basket pada Minggu (26/1) pagi.

Penulis: Zhavirra Noor Rivdha
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia