Di Alun-alun Batu, Alfamart Ajak Warga Bersihin Indonesia

KOTA BATU – PT Sumber Alfaria Trijaya, Pengelola jaringan minimarket Alfamart berkomitmen mengajak masyarakat mengurangi penggunaan kantong plastik karena dampaknya sangat besar bagi kelestarian lingkungan.
Lewat program Bersihin Indonesia, Alfamart menerjunkan ribuan karyawannya membagikan tas Go Green untuk ditukarkan ke masyarakat yang menenteng tas kresek di 15 kota, diantaranya Medan, Jambi, Lampung, Bandung, Sukabumi. Semarang, Bali, dan Batu.

Hadi Susianto, Kepala Cabang Alfamart Malang menjelaskan, Alfamart menerjunkan 75 personel di kawasan Alun Alun Batu untuk membagikan tas go green.

“Kami memeringati Semarak Ulang Tahun Alfamart ke 20, dengan cara mengajak masyarakat peduli lingkungan,” katanya Mingggu (25/8).

Ada tiga hal yang dilakukan karyawan alfamart yakni memunguti sampah, membagi tas Go Green yang bisa dipakai berulang ulang dan pawai budaya. “Dengan memilih alun-alun Batu, kami berharap masyarakat yang tetlibat kegiatan ini cukup banyak,” ungkapnya.

Hadi mengajak memulai pengurangan kantong plastik dari diri sendiri. “Ayo kurangi kantong plastik. Kalau bukan dimulai dari kita sendiri lantas siapa lagi. Kalau bukan mulai sekarang lantas kapan lagi,” ujarnya.

Alfamart sendiri sudah sejak awal Maret 2019 memaksa konsumennya perlahan lahan meninggalkan kantong plastik. Caranya konsumen dihimbau membawa tas belanja kain dari rumah. Jika tidak membawa ditawari tas go green yang dijual di tokonya. Kalau tidak mau ya harus membayar kantong kresek sesuai harga yang ditetapkan Asosiasi Pengusaha Ritel Infonesia (Aprindo)

Penyunting: Fia
Foto: istimewa