Dewanti Rumpoko : 40 Persen ASN Belum Paham IT

KOTA BATU – Pemkot Batu menggelar upacara hari ulang tahun ke-48 Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) di Balai Kota Among Tani, pagi tadi (2/11). Pada momen ini, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mendorong ASN (aparatur sipil negeri) untuk melek IT.

“Dari pandangan kasat mata, setidaknya masih sekitar 40 persen yang belum paham dengan IT. Hal ini terbukti ketika sesekali kami melihat ASN masih membutuhkan bantuan pegawai pemkot yang masih muda,” kata Dewanti, diwancarai sesuai upacara.

Dewanti pun berencana menggelar pelatihan khusus bagi ASN agar lebih melek IT.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso berharap, ASN untuk meningkatkan kedisiplinannya. Disiplin harus dimaknai lebih luas. “Jadi tidak hanya datang lalu melakukan fingerprint dan pulang,” tegasnya.

Terkait upaya meningkatkan kinerja ASN, pihaknya telah melakukan audensi dengan para Kepala OPD di Pemkot Batu. “Kalau perlu ada absen tambahan di siang hari yakni berupa tanda tangan manual. Sehingga tidak hanya absen datang dan pulang. Kalau memang masih bandel maka tunjangan kinerja tidak akan diberikan,” tukasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Editor : Indra M