Dewanti Kampanyekan Panca Sehat

KOTA BATU – Rangkaian HUT ke-17 Kota Batu sudah mulai bergulir. Seperti kegiatan senam jantung sehat yang berlangsung di halaman Jawa Timur Park (JTP) 3 kemarin (22/9). Digelar oleh Pemkot Batu dan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Malang Raya, senam jantung sehat ini diikuti kurang lebih 2.000 peserta.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko tampak membaur dengan para peserta yang mayoritas perempuan berusia paro baya itu. Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Kepala Kejaksaan Negeri Batu Nur Chusniah juga terlihat ikut berolahraga bersama.

Dewanti menyatakan, senam jantung sehat tersebut sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. ”Kita semua tahu, aktivitas sehari-hari kita banyak yang kurang teratur dan asupan gizi yang tidak terjaga, ini bisa menganggu kesehatan,” kata Dewanti yang juga ketua YJI Malang Raya itu.

Menurut Dewanti, agar tetap bugar, yang harus dilakukan adalah menerapkan panca sehat. Yakni menjaga keseimbangan gizi, mengenyahkan rokok, menghadapi stres, mengawasi tekanan darah, dan teratur olahraga. ”Panca sehat ini yang harus dilakukan oleh semua masyarakat agar tetap sehat,” ujarnya. Seperti olahraga yang harus dilakukan minimal 3–5 kali dalam seminggu, bisa dengan jalan kaki selama 30 menit.

Wakil Ketua YJI Malang Raya Prof dr Djanggan Sargowo menyatakan, penyakit jantung kebanyakan disebabkan pola hidup sehari-hari. Seperti merokok, tidak mau olahraga, obesitas karena makan berlebihan, hipertensi, dan lemak berlebih. ”Di Kota Batu, dari hasil survei saya di 2017 lalu, yang paling banyak adalah hipertensi, perokok, dan obesitas,” kata dia. Dia melanjutkan, kebiasaan ini yang bisa menjadi pemicu sakit jantung. (adk/c1/nay)