Dewan Punya Fungsi Kontrol. Mulai dari Soal Reklame hingga PPDB

MALANG KOTA – Keaktifan anggota DPRD Kota Malang periode 2014–2019 tidak hanya dalam kegiatan formal seperti kunjungan kerja, paripurna, dan sidang-sidang. Para anggota dewan saat ini aktif melakukan pengawasan di berbagai hal.

Beberapa waktu lalu, anggota dewan ini melakukan sidak di pembangunan salah satu mal besar di Kota Malang. Dugaannya, mal tersebut belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB). Tak hanya itu, sidak juga pernah dilakukan ke Pasar Besar dan Pasar Comboran, Kota Malang. Khusus yang terakhir, sidak dilakukan untuk mengecek pasar yang baru saja selesai dibangun.

Plt Wakil Ketua DPRD Kota Malang Choeroel Anwar menyatakan, peran semua komisi di DPRD memang salah satunya adalah pengawasan. Untuk komisi A tugasnya adalah mengawasi di bidang pemerintahan. Lalu, komisi B di bidang perekonomian dan keuangan, komisi C bidang pembangunan, serta komisi D bidang kesejahteraan rakyat dan pendidikan.

”Meski demikian, semua komisi harus bersinergi,” kata pria yang juga aktivis karang taruna ini.

Untuk komisi A yang dibawahi Choeroel misalnya, salah satu yang dibawahi adalah bidang perizinan. Beberapa waktu lalu yang dilakukan pemantauan adalah pembongkaran reklame yang membentang di jalan. Sesuai aturan pemerintah pusat, reklame ini harus dicopot oleh pemiliknya.



Menurut Choeroel, meski pihaknya sudah memanggil satpol PP untuk melakukan pembongkaran, tapi tidak semuanya bisa dibongkar. ”Karena aturannya, pembongkaran dilakukan memakai dana pemerintah dan tidak semuanya dianggarkan,” katanya.

Oleh karenanya, untuk saat ini pihaknya sedang menggodok aturan. ”Semisal ada perda (peraturan daerah) atau perwali (peraturan wali kota) yang mewajibkan pembongkaran tersebut memakai dana pengusaha yang punya baliho,” pungkasnya.

Sedangkan untuk komisi D, menurut dia, baru-baru ini melakukan pemantauan untuk pelaksanaan PPDB di Kota Malang. ”Alhamdulillah, berdasarkan pemantauan kami, berjalan sukses,” pungkasnya.

Penyunting: Irham Thoriq
Foto: Darmono