Dewan Kota Malang Layani Curhat Online

Salah satu warna menunjuk foto beberapa anggota dewan yang nampang di website pengaduan online kemarin.

MALANG KOTA – Ingin menyampaikan aspirasi kepada legislator? Tidak perlu repot-repot mengunjungi kantor DPRD Kota Malang di Jalan Tugu. Cukup duduk di rumah, lantas menuliskan ke website milik DPRD.

Pesan yang ditulis masyarakat itu akan direspons para wakil rakyat. Sebab, kini legislator mempunyai website baru. Hal itu ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) pimpinan dewan dengan sekretaris DPRD.

”Buka saja server-dprd.us.to/ranperda. Silakan dituliskan keluhannya apa,” ujar Plt Wakil Ketua DPRD Kota Malang Choeroel Anwar kemarin.

Politikus Partai Golkar (PG) itu menambahkan, website tersebut juga untuk memublikasikan program dewan. Termasuk pembahasan rancangan peraturan daerah (ranperda) yang dituntaskan. Dengan aktifnya website tersebut, Choeroel berharap masyarakat ikut berpartisipasi dalam mengawasi pemkot dan dewan.

”Kalau ada yang tidak beres, masyarakat bisa langsung berkeluh kesah lewat online,” kata dia.



Namun, sementara ini website tersebut belum di-launching. Pihaknya masih menunggu beberapa perbaikan untuk rubrik interaksi. ”Saat ini masih dalam uji coba. Nantinya dikendalikan langsung oleh kesekretariatan dewan,” kata dia.

Pewarta: Fajrus Shiddiq
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono