Detik-detik Penangkapan Jaksa Memeras PNS

Buzzer yang Serang Zaadit Justru Perburuk Citra Jokowi - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, MOJOKERTO – Tim Saber Pungli menangkap oknum jaksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim yang diduga memeras pegawai negeri sipil (PNS) pada Minggu malam (4/1).

Pemerasan itu dilakukan dengan modus penggerebekan pungli di kompleks wisata religi Jolotundo, Mojokerto. Setelah menggerebek, oknum jaksa tersebut meminta tebusan Rp 75 juta.

Jaksa itu diketahui bernama Akhmad Khoirul. Dia berstatus jaksa fungsional di Bidang Intelijen Kejati Jatim. Saat memeras, Khoirul tidak sendirian.

Dia bekerja sama dengan Direktur Surabaya Corruption Watch (SCW) Hari Cipto Wiyono dan Ishaq Wahyullah. Mereka ditangkap bersama-sama saat menerima uang tebusan.



Penangkapan mereka dilakukan tim Saber Pungli Polres Mojokerto dan Kejari Kabupaten Mojokerto.

Petugas mengamankan beberapa alat bukti. Di antaranya uang Rp 11,9 juta, enam bundel karcis masuk wisata Candi Jolotundo, dan uang Rp 612 ribu.

Selain itu, ada mobil Mitsubishi Kuda bernopol L 1860 FN dan empat handphone (HP). Kasus tersebut diambil alih Polda Jatim.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera menyatakan, operasi tangkap tangan (OTT) itu terkait dengan karcis masuk wisata religi Jolotundo di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.