Deteksi Dini Penyakit Mata pada Anak Kini Bisa Lewat Aplikasi Saja

JawaPos.com – Teknologi telah banyak mengubah berbagai sektor kehidupan. Tak terkecuali bidang kesehatan yang membawa manfaat dengan semakin banyaknya alat-alat kedokteran canggih. Dengan alat yang kian canggih itu, kini banyak penyakit bisa dideteksi lebih dini.

Soal teknologi kesehatan, baru-baru ini sekelompok peneliti telah membuat aplikasi pendeteksi kesehatan mata pada anak. Aplikasi tersebut berbekal kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang bisa mendeteksi sehat atau tidaknya mata hanya lewat foto.

Dikutip JawaPos.com dari Engadget, Senin (7/10), aplikasi pendeteksi kesehatan mata tersebut bernama Cradle. Cara kerja aplikasi ini adalah mencoba mencari pantulan ‘mata putih’ di foto yang bisa menjadi pertanda retinoblastoma, katarak, atau penyakit mata lainnya.

Aplikasi ini tampaknya sangat efektif sehingga ketika diuji dengan memindai 53 ribu foto dari 40 anak, setengah dari mereka memiliki penyakit mata. Ada 16 contoh peranti tersebut mendeteksi penyakit mata pada anak-anak 1,3 tahun sebelum dokter membuat diagnosis mereka.

Meskipun berguna untuk siapa pun tanpa memandang usia, aplikasi ini dikatakan lebih efektif untuk anak-anak yang mungkin belum tentu tahu bahwa ada yang salah dengan mata mereka. Ini juga akan berguna bagi orang tua untuk membantu memantau kesehatan mata anak-anak mereka melalui aplikasi yang hanya dengan memindai foto yang ada.

Aplikasi ini sebenarnya tersedia untuk diunduh pada perangkat iOS dan Android, meskipun penciptanya memperingatkan bahwa aplikasi tersebut belum disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) FDA. Pengguna juga tidak boleh menganggap hasilnya sebagai diagnosis sebenarnya. Namun, jika ia memberi tahu bahwa ada sesuatu yang salah, mungkin tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan mata ke dokter agar lebih aman.