Deteksi Dini Angin Kencang, BPBD Pasang Kaos Kaki Angin

KOTA MALANG – Ada pemandangan berbeda di Kampung Wisata Jodipan. Parasut berwarna oranye terlihat mencolok diterpa angin diantara bangunan KWJ yang memang sudah berwarna-warni. Ya, kantong angin atau yang biasa disebut Windsock ini adalah projek baru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang dalam menanggulangi cuaca buruk.

“Pemasangan windsock ini memang ditujukan sebagai alat bantu pengurangan risiko bencana, jadi nantinya dengan melihat arah angin serta kecepatannya, BPBD bisa mengambil langkah cepat dan tepat saat terjadi angin kencang,” ujar Sekretaris BPBD Kota Malang Tri Oky Rudianto.

Tri mengungkap selain KWJ, windsock ini juga akan ditempatkan di lokasi lain, yaitu di Balai Kota Malang, Kampung Biru, Kampung Putih dan Kantor BPBD Kota Malang yang berada di Sawojajar, Kota Malang.

Hal ini masih menurut Tri, merupakan langkah antisipasi mengingat angin kencang yang berhembus ke wilayah Malang Raya cukup kencang beberapa hari ini. Bahkan daerah wisata Taman Langit di Batu sempat porak poranda akibat angin kencang, Kamis, (25/1) kemarin. Beberapa pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di Kota maupun Kabupaten Malang.

Jika masyarakat ingin penasaran dengan alat baru BPBD ini, windsock ini sendiri berwarna oranye dan akan berhembus seiring arah angin. Windsock ini bisa dibilang menyerupai kaus kaki raksasa. Digunakan untuk mendeteksi dini arah angin dan kecepatannya.

“Untuk mengantisipasi bencana, BPBD juga sudah pasti menyiapkan dan menyiagakan seluruh personel BPBD, khususnya Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam penanggulangan bencana,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: BPBD Kota Malang
Penyunting : Fia