Desa Wringinanom Siapkan Spot Tubing

PONCOKUSUMO Desa Wringinamon, Kecamatan Poncokusumo, bakal memiliki ikon baru wisata alam. Namanya Wisata Alam Watu Menyan. Dengan ciri khas struktur jembatan dan aliran sungai yang deras, ke depannya sejumlah pengembangan akan dilakukan di sana.

Dari info yang diterima koran ini, wisata tersebut sebenarnya sempat dibuka pada 2017. Kala itu semua terjadi atas inisiatif pemuda desa setempat.

Kepala Desa Wringinanom Ahmad Muslimin membenarkan informasi tersebut. ”Betul, jadi dulu itu memang jembatan dan pinggir sungai dibersihkan dan dimanfaatkan menjadi wisata alam. Dulu rencananya mau dibuat warung di tengah sungai, tapi waktu itu terbentur dana jadi tidak sempat lanjut lagi,” kata Muslimin.

Pada 2020 ini, pemuda dan pemerintah desa setempat berencana melanjutkan rencana lama tersebut. ”Rencananya mau dibuat tubing karena aliran sungai di sini lumayan deras,” tambahnya. Bila terealisasi, tubing di sana bakal melintasi tiga desa.

Yaitu, Desa Wonorejo, Wringinanom, dan Wonomulyo. ”Total panjangnya 2 kilometer, nanti stopnya di Watu Menyan bisa jajan-jajan,” imbuh Muslimin. Soal kisaran anggaran pengembangan wisata di sana, dia memperkirakan bila kebutuhannya berkisar di angka Rp 60 juta–Rp 70 juta. ”Kurang lebih segitulah,” tutup Muslimin.

Pewarta : Biyan Mudzaky
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya