Desa-Kelurahan di Kota Batu Berebut Waranugraha Among Desa

KOTA BATU – Sebanyak 12 desa dan kelurahan di Kota Batu lolos dalam penilaian Waranugraha Among Desa yang diadakan oleh Among Tani Foundation (ATF) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Para perangkat desa tersebut mulai Rabu (9/10) hingga Kamis (10/10) hari ini memaparkan program di depan para juri. Aparat desa begitu bersemangat memaparkan program kerja dan capaian-capaiannya di hadapan dewan juri.

Misalnya Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, yang memamerkan salah satu unggulannya berupa wisata budaya serta wisata alam dengan partisipasi masyarakat yang sangat tinggi. Kemudian Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, yang berhasil membangkitkan wisata agro berupa budi daya stroberi.

Ketua Panitia Waranugraha Among Desa Kota Wisata Batu Ferry Ramdhany Zaenal menyatakan, desa yang terpilih untuk presentasi tersebut sudah melalui beberapa tahapan. Untuk pendaftaran dan verifikasi administrasi dilakukan pada 26–30 September.

Kemudian visitasi juri ke 24 desa/kelurahan dilakukan pada 1–4 Oktober. Sedangkan presentasi peserta pada 9–10 Oktober. Untuk pengumuman pemenang pada 14 Oktober. Tapi penganugerahannya pada 17 Oktober pada saat resepsi peringatan HUT Ke-18 Kota Batu.



Ferry menyatakan, kegiatan tersebut sebagai ajang untuk pembuktian bagi desa dan kelurahan di Kota Batu untuk menunjukkan kualitas kinerjanya. Pihak desa dan kelurahan bebas menyampaikan inovasi yang mereka lakukan dan capaian yang telah diraih.

”Tapi ini bukan perlombaan, melainkan penganugerahan kepada kepala desa/kelurahan yang men-support visi-misi Kota Batu, yaitu Desa Berdaya Kota Berjaya,” terang Ferry di sela-sela penjurian kemarin (9/10). Melalui program ini diharapkan desa-desa bisa ikut memajukan Kota Batu di berbagai bidang. Mulai dari pariwisata, UMKM, termasuk pertaniannya.

Sementara itu, untuk dewan adalah Yana S. Hijri SIP MIP, Dr Wahyudi Winarjo, MSi (UMM). Kemudian Edy Juniarianto APT (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kota Batu, Ferry Ramdhany Zaenal (Among Tani Foundation), Kholid Amrullah (Radar Batu).

Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Lid