Desa Karangduren Siapkan Wahana Anyar

PAKISAJI Dalam beberapa bulan ke depan, Pasar Karangduren yang berlokasi di Dusun Golek, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, bakal berubah fungsi. Pemerintah desa (pemdes) setempat berencana membangun kolam renang dan pasar wisata di sana. Rencana itu mencuat setelah bertahun-tahun Pasar Karangduren sepi dari aktivitas jual beli.

Jawa Pos Radar Kanjuruhan yang menyambangi lokasi di sana kemarin (13/1) melihat sejumlah pekerja tengah sibuk membersihkan puing-puing sisa bongkaran. Ya, bangunan bekas pasar tersebut memang sudah diratakan dengan tanah oleh alat berat. Dari penuturan beberapa pekerja di sana, diketahui proses pembongkaran itu sudah dilakukan sejak dua pekan lalu.

Keterangan itu pun dibenarkan Kepala Desa (Kades) Karangduren Sihabul Romli. ”Memang sudah (dibongkar) dua minggu lalu. Kami mengejar tahap 1 pembangunan kolam renang dan ruko di sana,” jelasnya. Dia menyebutkan bila dalam tahap satu tersebut, pihaknya bakal membangun kolam renang untuk dewasa. Ada pula rencana membangun 40 blok ruko di bagian depan dan dalam area kolam renang.

”Insya Allah tiga bulan dari sekarang (bisa dituntaskan),” sambung Sihabul. Bermodal sisa bantuan dana desa (DD) pada 2019 lalu, dia menuturkan bila anggaran sudah disiapkan. ”Kami ada anggaran kurang lebih sebesar Rp 107 juta untuk tahap satu ini,” sebutnya. Saat alokasi DD di tahun 2020 ini sudah tercairkan, pemdes setempat juga berencana melanjutkan pembangunan ke tahap dua.

”Sambil jalan, nanti ada anggaran lagi untuk membangun tahap kedua berupa bangun kolam renang untuk anak beserta wahananya. Kami targetkan sudah bisa dipakai untuk acara suroan di tahun ini,” tambahnya. Bakal di-plot menjadi salah satu ikon desa, Sihabul mengaku sudah mempersiapkan struktur kepengurusan untuk wanawisata tersebut. ”Kami sudah bentuk tim pengelola yang kami ambil dari BUMDes Duren Unggul yang terbentuk sejak akhir 2019,” tutupnya.

Pewarta : Biyan Mudzaky
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya