Desa Giripurno Segera Bangun Posyandu Khusus Orang Gila

KOTA BATU – Memasuki tahun 2020, Desa Giripurno berniat membuat gebrakan baru dengan membuat program Pos Pelayanan Terpadu Orang Dalam Gangguan Jiwa (Posyandu ODGJ). Kepada radarmalang.id, Suntoro Kepala Desa Giripurno menerangkan tujuan dengan membuat program Posyandu ODGJ tersebut dimaksudkan untuk menekan kesenjangan antara ODGJ dengan masyarakat.

“Kami ingin memecah jarak antara ODGJ dan masyarakat. Oleh sebab itu saat ini kami tengah menyekolahkan Kader Posyandu ODGJ dari warga Giripurno sebanyak 5 orang,” terang Suntoro. Ia mengungkapkan program yang akan dikucuri dana dari DD (Dana Desa) dan ADD (Alokasi Dana Desa) sebesar Rp 30 Juta.

Lebih lanjut, Suntoro menerangkan 5 kader tersebut nantinya akan menangani 25 ODGJ yang tercatat di Desa Giripurno. Tugas dari kader tersebut akan merawat ODGJ dan mengajak untuk berkomunikasi serta memenuhi kebutuhan yang selama ini dlbelum terpenuhi.

“Ide ini tercetus ketika Pemdes mengadakan studi banding ke kawasan Jombang. Di sana ada Posyandu ODGJ bahkan bisa membuat beberapa ODGJ berinteraksi dengan masyarakat luas dan berkarya dengan membuat kerajinan tangan,” paparnya. Maka dari itu ia berharap program Posyandu ODGJ bisa sukses dilaksankan.

Disinggung terkait tempat, Suntoro mengaku untuk program pada tahap pertama tersebut masih belum menyediakan tempat sehingga kader akan melakukan perawatan dengan sistem door to door. “Tapi kalau ada jadwal berkumpul dan perawatan kepada ODGJ yang sudah parah, maka akan kami rawat di Kantor Balaidesa,” pungkasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Ilustrasi : Dok JPRM
Penyunting: Fia