Demokrat-PKB Pasang Target Tinggi Per Dapil

Pemilu legislatif (pileg) memang baru akan digelar tahun depan. Tapi, sejumlah parpol (partai politik) di Kota Batu sudah mulai serius mempersiapkan diri. Selain melakukan penjaringan caleg (calon anggota legislatif), mereka juga memasang target tinggi untuk perolehan kursi legislatif.

KOTA BATU – Pemilu legislatif (pileg) memang baru akan digelar tahun depan. Tapi, sejumlah parpol (partai politik) di Kota Batu sudah mulai serius mempersiapkan diri. Selain melakukan penjaringan caleg (calon anggota legislatif), mereka juga memasang target tinggi untuk perolehan kursi legislatif.

Seperti yang dilakukan DPC Partai Demokrat Kota Batu. Partai yang dipimpin Hendra Angga Sonatha ini sudah melakukan seleksi bakal calon legislatif. ”Seleksi gelombang pertama sudah selesai. Awal Juni nanti akan kami buka gelombang keduanya,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Kota Batu Hendra Angga Sonatha, saat dikonfirmasi kemarin (18/5).

Menurutnya, gelombang kedua dibuka karena kuotanya masih kurang sekitar 6 orang lagi. Di gelombang pertama, baru ada 18 orang yang mendaftar. Rincinannya, 10 orang kader laki-laki dan 8 orang lainnya kader perempuan. ”Mudah-mudahan gelombang kedua nanti bisa memenuhi kuota,” harap dia.

Lebih lanjut, kader yang bakal maju di pileg tersebut tidak hanya dari kalangan milineal. Beberapa pengurus dan kader partai senior juga bakal diturunkan. ”Kami ingin semua segmen terwakili. Tentunya kami juga siapkan kader yang dibutuhkan era sekarang (milineal),” ungkap mantan ketua Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Kota Batu ini.

Tak hanya itu, pihaknya juga manargetkan bisa memperoleh 6 kursi di parlemen dalam pileg tahun depan. Itu artinya, target Partai Demokrat naik 100 persen, karena saat ini ada tiga kadernya yang terpilih sebagai wakil rakyat. ”Minimal kami punya perwakilan di masing-masing dapil (daerah pemilihan),” ujarnya.



Tahun depan, Kota Batu dibagi menjadi 4 dapil. Yaitu Dapil Batu I (7 kursi), Dapil Batu II (7 kursi), Dapil Junrejo (7 kursi), dan Dapil Bumiaji (9 kursi). Dari empat dapil tersebut, pihaknya juga punya antensi khusus di Dapil Batu dan Bumiaji. Dia menduga, persaingan di dua Dapil tersebut dinilai bakal lebih ketat. ”Batu ini pusat kota, dan Bumiaji kursi yang diperebutkan paling banyak,” terangnya.

Hal yang sama juga dilakukan DPC PKB Kota Batu. Ketua DPC PKB Kota Batu Nurochman mengatakan, pihaknya juga masih melakukan penjaringan bacaleg. ”Kami juga proses pendaftaran dan akan kami tutup akhir Juni nanti,” ungkap pria yang juga wakil ketua DPRD Kota Batu ini.

Pihaknya menargetkan 2 kursi di tiap-tiap dapil atau 8 kursi di parlemen pada pileg mendatang. Sebagai informasi, PKB mendapatkan 4 kursi pada pileg 2014 lalu. ”Harus lebih baik. Minimal ada dua kursi di tiap dapil,” tandasnya.

Pewarta: Imam Nasrodin
Penyunting: Ahamd Yani
Copy Editor: Arief Rohman