Demo, Mahasiswa Unikama Robohkan Pagar

MALANG KOTA – Sejumlah mahasiswa Universitas Kanjuruhan (Unikama) menggelar aksi demostrasi menolak pelantikan Rektor ‘Pieter Sahertian’, Senin (15/10). Massa mulai hilang kendali dan merobohkan pagar untuk memaksa masuk ke area kampus.

“Saya tidak tahu persis kejadiannya, tadi mendapat laporan kalau mereka masuk ke kampus dengan membongkar pagar tengah. Mahasiswa itu menduduki dan menguasai fasilitas kampus, bahkan jendela kaca juga dirusak,” ujar Rektor Unikama, Pieter Sahertian.

Sebelumnya di bulan April 2018 lalu juga telah terjadi bentrok mahasiswa tersebut. Dalam hal ini, Pieter menyayangkan peristiwa seperti ini harus terjadi kembali.

“Kami sangat menyangkan, mengingat ini kejadian sudah yang kedua kalinya. Tapi mereka sendiri yang melakukan. Ini sudah gaya premanisme, apa akan terus dipelihara di kampus,” imbuhnya.

Dari kejadian tersebut, perkuliahan di kampus Unikama hari ini sempat dihentikan. Menurutnya, mahasiswa dan civitas akademika khawatir akan terjadi bentrok susulan.



“Tidak dilakukan perkuliahan hari ini, saya akan instruksikan ke prodi masing – masing. Mereka pasti merasa was – was dan khawatir. Kami instruksikan untuk mulai besok (Selasa, 16/10) baru dilaksanakan perkuliahan.

Diketahui, setidaknya 5 orang harus dilarikan ke rumah sakit. Di antaranya 2 staff kampus, 2 mahasiswa, dan 1 satpam. Mereka diduga cedera terkena lemparan batu.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Arifina