Demi Wisatawan, Tebang 154 Pohon

Sebanyak 154 pohon di Kota Batu dipotong. Tapi, bukan pohon yang sedang ”segar’. Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menebang pohon yang sudah mengering atau mati. Ini dilakukan untuk menghindari ada pohon yang tumbang hingga menyebabkan ada korban lagi seperti Senin malam lalu (22/1). Saat itu, ada pengendara motor yang terluka akibat kejatuhan dahan pohon kering.

KOTA BATU – Sebanyak 154 pohon di Kota Batu dipotong. Tapi, bukan pohon yang sedang ”segar’. Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menebang pohon yang sudah mengering atau mati. Ini dilakukan untuk menghindari ada pohon yang tumbang hingga menyebabkan ada korban lagi seperti Senin malam lalu (22/1). Saat itu, ada pengendara motor yang terluka akibat kejatuhan dahan pohon kering.

Nah, agar warga maupun wisatawan yang datang ke Kota Batu merasa nyaman dan tidak khawatir ada pohon tumbang, BPBD berinisiatif melakukan penebangan. Semua pohon rawan tumbang telah terdata. Jumlahnya sekitar 154 pohon. ”Kami ingin pengguna jalan, terutama wisatawan, aman dan nyaman saat berada di jalanan,” kata koordinator TRC (tim reaksi cepat) Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu Suhartono kemarin (23/1).

Dia menerangkan, 154 pohon yang rawan roboh (atau mati) itu tersebar di jalan protokol. Di antaranya, di Jalan Raya Ir Soekarno-Pattimura-Gajah Mada-Panglima Sudirman-Songgokerto. ”154 pohon yang harus dipotong itu membahayakan pengguna jalan,” ucap pria yang bekerja di BPBD Kota Batu sejak 2012 itu.

Lebih lanjut, khusus penebangan kemarin, timnya masih fokus di Jalan Panglima Sudirman. Sebab, di daerah tersebut banyak pohon kering. ”Khusus di daerah sini (Panglima Sudirman) ada sekitar 24 pohon yang rawan tumbang,” terangnya.

Dia menambahkan, kegiatan kemarin juga sudah mendapat persetujuan dari Dinas PU Bina Marga Pemprov Jatim. Sebab, beberapa pohon yang harus dipotong tersebut berada di Jalan Provinsi Jatim.



Sementara itu, Kepala BPBD Kota Batu Sasmito mengatakan, penebangan pohon kemarin memang khusus pada pohon yang rawan tumbang. Dengan menebang pohon yang rawan tumbang itu, jalanan di Kota Batu tetap aman bagi pengguna jalan.

Pewarta: Imam Nasrodin
Penyunting: Arief Rohman
Copy Editor: Abdul Muntholib
Foto: Bayu Eka