Dekranasda Kota Batu Diresmikan Arumi Bachsin

KOTA BATU – Pemkot Batu kali ini resmi memiliki Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setelah dikukuhkan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur Arumi Dardak di Graha Pancasila Senin siang (02/12). Kepada wartawan, wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur menegaskan, wadah tersebut harus memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kota Batu, termasuk wajib memiliki kerajinan khas Kota Batu.

“Apalagi Kota Batu adalah Kota Termuda yang telah memiliki Kota Pariwisata. Dari sinilah produk kerajinan tangan khas Kota Batu harus diangkat,” papar Arumi kepada wartawan. Ia menambahkan dari hal ini Pemkot Batu wajib mendorong UMKM Kerajinan baik berupa fasilitas maupun pemasarannya.

Terpisah, Walikota Batu Dewanti Rumpoko membeberkan untuk menunjukkan eksistensi kerajinan Kota Batu, ia akan menggandeng seluruh UMKM Pengrajin di Kota Batu serta kewajiban bagi OPD yang akan mendapatkan dinas luar harus mengenakan Batik Batu. “Jadi biar semua tahu kalau Kota Batu juga memiliki ciri khas sendiri dan membuat rekan kerjanya penasaran dengan Batik Batu,” tuturnya.

Tak hanya itu saja, Dewanti juga memberikan intruksi kepada anggota Dekranasda yang banyak terdiri dari Kepala OPD di Kota Batu yang harus memberikan dukungan penuh termasuk dukungan finansial. “Kalau ada event pameran dan event besar lainya, maka UMKM Kerajinan juga harus diikutsertakan,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia