Dekranasda Diminta Majukan UMKM

AMONG TANI – Pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batu, kemarin cukup istimewa. Acara yang berlangsung gedung Graha Pancasila Balai Kota Among Tani Kota Batu dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin.

Istri Gubernur Jawa Timur Emil Dardak itu pun, memberikan arahan para para pengurus Dekranasda Kota Batu periode 2017–2022. Arumi mengapresiasi Kota Batu karena sudah mempunyai program pembangunan yang terarah.

”Dan yang perlu saya tegaskan bahwa dekranasda ini tugasnya untuk bermitra dengan pemerintah, bukan untuk membebani,” ungkapnya. Arumi juga menyatakan, besar harapannya untuk perajin yang ada di Kota Batu.

Dia menyatakan, asalkan ada kemauan dan konsep yang terarah semua bisa berjalan sebagaimana mestinya. Tugas pengurus baru ini bagaimana mendapat dukungan dari pemerintah.

”Jadi bagaimana caranya dapat menjalankan visi dan misi dari kepala daerah tersebut dalam sesi (untuk memajukan) UMKM dan pembinaan perajin,” ucapnya.

Sementara menurut Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, dalam sambutannya mengungkapkan, banyaknya wisatawan membuat UMKM tumbuh dengan bagus.

Meski mayoritas masih makan dan minum  (mamin) dan sektor kerajinan masih sangat kurang. ”Tapi beberapa tahun terakhir ini perkembangannya ada progres. Meski minoritas, tapi tetap eksis keliling dunia,” kata Dewanti.

Pewarta : Ulfa Afrian
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro