Datangkan Alumni, Cara FBS Unikama Bentuk Karakter Mahasiswanya

MALANG – Apa gunanya kemenyan sebesar tungku kalau tidak dibakar. Peribahasa ini agaknya tepat disematkan kepada Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) atas usaha yang mereka lakukan. Yakni melalui seminar tahunan.

Dalam seminar yang digelar Kamis (5/12), FBS Unikama mendatangkan alumni-alumni yang dinilai berhasil di dunia kerja. Antara lain Yokka Rhismadora, Marketing Executive of Jawa Timur Park, Suryani, HRD of Citihub Hotel Management Surabaya, dan Masruhin Khoiruddin Owner of Al Abror Tour and Travel Malang.

Ketiganya adalah Alumni FBS Unikama yang punya jalan suksesnya sendiri-sendiri.

“Hal ini guna memotivasi mahasiswa agar terus bersemangat raih masa depan. Mereka bisa belajar dari pengalaman, karena buat apa gunanya pengalaman kalau tidak dibagikan,” tutur Dr Mujiyono, MPd, Dekan FBS Unikama.

Mengangkat tema “Songsong Masa Depan Bersama Suherman (Suka Heran Masa Depan)” seminar diikuti seluruh mahasiswa angkatan 2019.

Dalam kegiatan ini Dekan FBS Unikama juga berpesan agar mahasiswa memanfaatkan masa remaja dan kuliah dengan baik.

“Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu atau selesai kuliah langsung pulang. Karena sukses itu merupakan sesuatu yang bisa kalian temukan dan tidak bisa ditemukan orang lain. Bagaimana kalian bisa menggapai sesuatu yang tersembunyi, itu hanya bisa di tentukan oleh orang yang memiliki kreatifitas dan inovatifitas yang tinggi,” ungkapnya kepada mahasiswa.

Menurutnya, mahasiswa harus aktif tidak hanya dalam perkuliahan saja, tetapi juga dalam suatu organisasi. “Jadi bangun kreatifitas dan inovatifitas, kalian mahasiswa harus memiliki self-regulating learning. Tidak semua yang ada disini bisa menjadi Guru atau Pegawai Negeri Sipil (PNS),” tuturnya.

Mahasiswa harus bisa menentukan masa depan mereka kedepannya. Misalnya, jika nantinya mereka yang ingin menjadi pengusaha bisa mempersiapkan diri mulai sekarang. Apa saja yang harus dilakukan untuk mempersiapkan hal itu. Sehingga sesuatu yang mahasiswa inginkan jika nanti itu tidak sesuai dengan kenyataan yang ada mereka tidak kaget.

Sementara itu, Yokka Rhismadora salah satu alumni sekaligus pemateri juga menceritakan perjuangannya untuk mencapai kesuksesan tidaklah mudah. “Kalian harus berani untuk mencoba hal baru. Dari hal baru itulah kalian akan menjadi pribadi yang baru dan menemukan jalan untuk terus berkembang menjadi lebih baik lagi,” paparnya.

Yokka juga memotivasi mahasiswa agar selalu mencintai apa yang dikerjakannya. “Kalau kita melakukan hal yang menyenangkan maka tidak akan pernah terasa berat pekerjaan itu. Kalian akan semakin bersemangat dan melakukan pekerjaan itu lebih baik lagi,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Unikama
Editor : Indra M