Datang ke Madrasah, Wali Kota Beri Motivasi Siswa

MALANG KOTA – Jelang pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional), para murid dituntut lebih giat belajar. Sementara, sekolah juga diminta memfasilitasi para murid agar lebih siap menghadapi ujian. Restu orang tua juga penting, sebagai motivasi anak untuk mendapatkan nilai terbaik.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Malang Moch. Anton saat menggelar kunjungan ke MAN 2 Kota Malang Sabtu lalu (27/1). Anton menceritakan, dia bisa sesukses sekarang karena nurut kepada orang tua.

”Kunci sukses ada pada orang tua. Orang tua adalah guru utama kita. Yang penting, kalian harus selalu mengingat peran orang tua,” ujarnya.

Anton juga berharap murid MAN 2 bisa mempertahankan prestasi akademik yang selama ini dimilikinya. ”Semoga MAN 2 tetap pertahankan dan meningkatkan prestasi pada 2018,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah menyatakan, para murid yang akan mengikuti ujian harus belajar lebih banyak lagi.

”Mulai sekarang, lebih ditingkatkan lagi (belajarnya). Meski hasil dan juga integritasnya (peserta tahun lalu) sudah tinggi, tapi sekarang harus bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Zubaidah juga berharap pelaksanaan UNBK di Kota Malang berjalan lancar dan seluruh peserta lulus. ”Semoga 100 persen (lulus). Bukan hanya 100 persen, tapi nilainya juga bagus,” imbuhnya.

Di lain pihak, Kepala MAN 2 Kota Malang Dr Binti Maqsudah MPd mengaku senang akan kunjungan wali kota ke sekolah yang dipimpinnya itu. ”Kita ingin membangkitkan motivasi anak-anak dari beliau (wali kota, Red). Ini memang saat yang pas, karena kita mau UN dan USBN,” bebernya.

Pada tahun 2017 lalu, MAN 2 Malang mendapat peringkat 32 se-Indonesia untuk 100 terbesar UNBK. Tak hanya ingin mempertahankan capaian, pihaknya juga ingin peserta didiknya bisa meraih nilai lebih yang baik lagi.

”Karena itu, motivasi yang diberikan wali kota bisa menjadi tambahan motivasi bagi anak-anak,” terangnya.

Pewarta: Imarotul Izzah
Penyunting: Achmad Yani
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Imarotul Izzah