Dari SMK Brantas Karangkates, Rp 25 Juta untuk Gempa Lombok

MALANG KOTA – Bantuan dari pembaca Jawa Pos Radar Malang untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terus mengalir. Jika sebelumnya MIN 1 Kota Malang menyalurkan bantuan Rp 79 juta, kemarin (23/8) giliran SMK Brantas Karangkates, Sumberpucung, Kabupaten Malang, yang memberikan bantuannya.

Sekolah yang dipimpin Kasek Ir H. Sukatno itu menyerahkan dana bantuan Rp 25 juta. Penyerahan dilakukan oleh empat siswa dan dua guru SMK Brantas Karangkates di kantor Radar Malang, Jalan Kawi 11-B, Klojen.

”Dana ini terkumpul setelah dilakukan penggalangan dana untuk siswa kelas I dan II, karyawan, serta dari guru,” ujar Mochamad Nur Kholis, salah satu guru SMK Brantas Karangkates, saat menyerahkan dana sumbangan.

Nur Kholis menyatakan, penyerahan bantuan ke Jawa Pos Radar Malang atas rekomendasi Kepala SMK Brantas Karangkates Ir H. Sukatno dan wakilnya Henif Suswanto. Dana itu berasal dari 1.200 siswa kelas I dan II SMK. Sedangkan guru dan karyawan yang turut menyumbang jumlahnya mencapai 115 jiwa.

Penggalangan dana sumbangan ini dilakukan sejak dua minggu lalu. ”Kami langsung gerak cepat, meminta siswa dan guru menyumbang seikhlasnya,” tambah guru jurusan produktif multimedia itu.

Nur Kholis sengaja mengajak siswa-siswinya untuk menyaksikan penyerahan dana peduli gempa tersebut. Alasannya, dia ingin mengajari siswa-siswinya memupuk kepedulian terhadap sesama. ”Agar mereka (siswa-siswi) juga merasakan asyiknya  menyumbang,” tambah guru berusia 26 tahun itu.

Sementara itu, hingga kini Jawa Pos Radar Malang sudah dua kali menyalurkan bantuan pembaca ke Lombok, NTB. Penyaluran tahap I senilai Rp 26 juta sudah dilaksanakan bersama Malang Care Indonesia (MCI) pada 11 Agustus 2018. Sedangkan penyaluran tahap II berupa 1.250 selimut digelar 16 Agustus 2018. Kala itu, Jawa Pos Radar Malang bersama rombongan dari Forum Komunikasi Warga Tionghoa Malang Raya  (FKWTMR).

 

Pewarta: Sandra Desi
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Mahmudan
Foto: Radar Malang