Dari Lulung Hingga Bekas Kader Anak Buah Djan Faridz

Dari Lulung Hingga Bekas Kader Anak Buah Djan Faridz

JawaPos.com – Menghadapi Pemil 2019 ini Partai Amanat Nasional (PAN) cukup optimistis bakal bisa mendapatkan banyak kursi di DPR. Sebab partai berlambang matahari itu selain memiliki kader yang sudah lain, juga mendapatkan bakal calon legislatif (bacaleg) yang merupakan dulu besar di partai lain.

Mereka itu di antaranya Abraham Lulung Lunggana yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Diketahui Lulung sebelumnya dicopot dari keanggotaan partainya, yakni PPP.

Selain itu terdapat nama Epiyardi Asda yang kini masih menjabat sebagai anggota DPR dari Fraksi PPP. Hanya saja ketika PPP mengalami kisruh dualisme, Epiyardi Asda berada di kubu Djan Faridz. Namun kubu ini kalah. PPP yang diakui hanya yang dipimpin Romahurmuziy. Nama lainnya ada Sarifuddin Sudding, mantan Sekjen Partai Hanura.

Abraham Lulung Lunggana (baju putih kiri) ketika di DPRD DKI Jakarta. (dok. JawaPos.com)

Ketua DPP PAN Yandri Susanto menyebut, ada beberapa caleg yang diusung PAN merupakan pindahan dari partai lain. Untuk Lulung dan Epiyardi Asda merupakan bekas kader PPP. Sementara Lulung maju di daerah pemilihan (dapil) 3 DKI Jakarta. Sedangkan untuk Epiyardi Asda Sarifuddin Sudding, Yandri tidak merincinya.



Waketum PAN Hanafi Rais menambahkan, caleg yang didaftarkan tak hanya mantan kader partai lain, tetapi ada juga caleg dari PAN yang kini masih menjabat sebagai menteri di kabinet Jokowi-Jusuf Kalla. Diketahui menteri yang berasal dari PAN yakni Asman Abnur yang kini menjabat sebagai menteri PANRB.

“Memang partai menugaskan kepada seluruh kader terbaik untuk maju di pemilu legislatif termasuk menteri yang kita miliki sekarang ini,” kata Waketum PAN Hanafi Rais di KPU Pusat, Jakarta pada Selasa (17/7).

Khusus untuk caleg yang dari menteri keputusannya akan ditentukan dari hasil verifikasi KPU.

Selain dari bekas kader partai lain dan menteri aktif, caleg lainnya yang diusung PAN untuk meningkatkan eletabilitasnya yakni merangkul salah satu anggota Persaudaraan Alumni (PA) 212, yakni Ustad Bukhori Muslim. “Iya, ada dari PA 212, kita banyak mendengar rekomendasi dari ulama juga,” kata Yandri.

Untuk diketahui, awak pengurus PAN mendatangi kantor KPU pada Selasa (17/7), sekitar pukul 21.00. PAN membawa 575 nama untuk bertarung di Pileg 2018 yang tersebar di 80 dapil.

(iml/JPC)