Dari ‘Jungle Track’ KTS 2019, Siswa SMAN 1 Malang Melihat Langsung Keindahan Gunung Kawi

RADARMALANGID – Kesempatan untuk mengunjungi Desa Wonosari, desa asri di kaki Gunung Kawi tak disia-siakan oleh panitia Kegiatan Tengah Semester (KTS) 2019.

Tahun ini, mereka menambahkan ‘Jungle Track’ dalam rundown kegiatan bakti sosial tahunan oleh siswa-siswi SMAN 1 Malang ini.

Digagas oleh ambalan atau kelompok pramuka sekolah, Jungle Track bertujuan untuk melatih fisik sekaligus mengutakan kekompakan anggota kelas.

“Dimulai pukul 6 pagi, peserta dari masing-masing kelas berkumpul di terminal Gunung Kawi. Lalu, secara bersama-sama mereka akan menuju pesarehan Gunung Kawi dan kembali ke terminal. Di perjalanan Jungle Track ini ada beberapa pos berisi permainan seru yang telah disiapkan,” jelas Maulana Baktiar Ramadhan, Ketua Dewan Ambalan SMAN 1 Malang.

“Pas Jungle Track itu seru banget! Jalan rame-rame sambil bercandaan karena ada game-nya bikin ngakak,” ungkap Ainur Rohma Zahra.

Siswi kelas 11 itu juga senang karena banyak spot foto selama perjalanan. “Seperti di depan kelenteng dan pesarehan Gunung Kawi, karena disana banyak burung merpati gitu,” ungkapnya.

Kesan berbeda diceritakan oleh Ashila Alya. Dirinya menuturkan medan Jungle Track cukup susah. “Naik turun gitu, tapi kebayar sama pemandangannya! Asli Gunung Kawi itu bagus banget. Pas jalan kita bisa lihat Gunung Kawi ada pepohonan yang masih asri,” ujar siswi yang akrab disapa Ashila ini.

Dijelaskan oleh Maulana, kegiatan pramuka di KTS 2019 tak hanya menyusuri Gunung Kawi, namun ada pula lomba mendirikan tenda. 4 perwakilan siswa dari masing-masing kelas bersaing mendirikan tenda dome dan prisma selama 90 menit. “Lombanya dicampur dari kelas 10 dan 11 agar mereka bisa saling mengenal,”ungkapnya.

Proses penilaian tidak asal, panitia mendatangkan langsung Kwartir Cabang atau Kwarcab sebagai dewan juri. “Kita tahu bahwa pramuka berperan besar dalam pembentukan karakter, dengan materi pendidikan yang diberi oleh Kwarcab,” tandas Maulana.

Menjabat sebagai ketua pramuka di sekolah, siswa kelas 11 ini menganggap kegiatan pramuka perlu masuk agenda KTS di tahun-tahun berikutnya. “Karena dengan adanya pramuka, KTS bisa bertambah seru. Selain itu ada juga nilai-nilai positif yang didapat,” tukasnya.

KTS SMAN 1 Malang tahun ini diikuti lebih dari 600 siswa kelas 10 dan 11 beserta 30 guru. Selama 3 hari, dari tanggal 10-12 Oktober 2019, mereka menyambangi Desa Wonosari, Kabupaten Malang untuk melakukan berbagai kegiatan sosial.

Pewarta : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa
Editor : Indra M