Dari Guest House Islami hingga Hotel Bergaya Romawi

MALANG KOTA – Visitasi hari kedua BRI-Radar Malang Awards (RMA) 2019 digelar Rabu (6/3). Melibatkan tim juri dari kalangan praktisi dan akademisi, agenda tinjauan lapangan itu menyasar empat titik.

Di antaranya, tim juri mengunjungi salah satu cabang Hasanah Guest House. Dalam agenda visitasinya itu, tim juri melihat sejumlah fasilitas guest house. Terutama kamar.

Selain itu, ada pula sesi interview dengan pemilik Hasanah Guest House Makhrus Sholeh. Kepada tim juri, Makhrus mengungkapkan bagaimana dia mengelola guest house, salah satu unit bisnisnya, di samping perumahan dan toko bangunan.

”Jadi, masing-masing unit itu ada divisinya. Ada divisi marketing, pembelian, produksi. Masing-masing sudah jalan. Saya juga dibantu konsultan. Untuk guest house dan resto, saya biasanya meluangkan waktu di hari Kamis. Di antaranya, untuk melihat laporannya,” kata Makhrus.

Sejauh ini perkembangan Hasanah Guest House cukup bagus. Guest house yang mengusung konsep syariah ini sudah memiliki beberapa cabang di Kota Malang.



Selain Hasanah Guest House, visitasi juga dilakukan di Hotel Gajahmada Graha. Hotel yang berada di Jalan Dr Cipto No 17, Kelurahan Rampal Celaket, ini menjadi hotel yang unik, salah satunya karena mengusung arsitektur bergaya Romawi.

Marketing Manager Hotel Gajahmada Graha Uges menyatakan kalau pihaknya memiliki 3 tipe kamar, yakni 23 Superior Queen Room, 20 Superior Twin Room, dan 1 President Suite Room. ”Yang jadi unggulan kami sebagai hotel bintang tiga adalah masih mempertahankan bathtub. Jadi, bisa dibilang kami satu-satunya (hotel) bintang 3 yang masih punya bathtub,” ujar dia.

Di hari yang sama, tim juri juga mengunjungi Gets Hotel. Hotel bintang tiga yang ada di Jalan Brigjen Slamet Riadi, Oro-Oro Dowo, ini memiliki 63 unit kamar dengan tiga jenis tipe. Yakni, Superior Room, Deluxe, dan Suite. Fasilitas yang disediakan pun beragam, mulai dari restoran, sky lounge café, swimming pool, dan fitness centre.

Gets Hotel juga punya restoran dengan signature dish. ”Kami punya ayam kare apel dan sempol kare apel dan tiap Sabtu ada live acoustic,” paparnya.

Pewarta               : Adella
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Indra Mufarendra
Fotografer          : Rofia Ismania