Dapur Rumah Warga Ini Ambles, Penyebabnya Masih Jadi Misteri

KOTA BATU – Imam Basuki terlihat shock ketika mengetahui dapur rumah miliknya rusak berat. Bagian lantainya ambles. Salah satu bagian dindingnya juga jebol.

Dapur itu sudah ambles sejak seminggu yang lalu. Usaha untuk memperbaikinya pun sudah dilakukan.

Termasuk oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu. Yakni dengan menimbun lubang amblesan dengan tanah urukan.

Abdur Rochim Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan bantuan 20 kubik tanah urukan. Selain itu, ada pula bantuan dari warga.



Tapi, upaya itu belum membuahkan hasil positif. “Terlalu dalam, sampai hari ini pun masih belum terlihat dasarnya. Upaya kami saat ini masih dalam proses penimbunan tanah saja,” jelas Rochim kepada radarmalang.id.

Memang, tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini. Namun, kerugian akibat amblesnya tanah diperkirakan mencapai Rp 50 juta.

Penyebab pasti amblesnya tanah memang belum diketahui. Sejauh ini, BPBD masih menduga-duga.

Di antaranya, ada kemungkinan karena septic tank. “Yang kami khawatirkan jika ternyata di bawah adalah air sehingga tanah yang kami timbun selalu tersapu. Insya Allah besok akan kami observasi,” tukasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Editor : Indra M