Dapat Dana Segar Rp 1 Triliun, Tahun Depan UIN Malang Bangun Kampus III

KOTA MALANG – Saudi Fund for Develompment (SFD) mengucurkan dana senilai Rp 1 triliun untuk Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki). Dana segar tersebut akan dimanfaatkan kampus Islam itu untuk melanjutkan pembangunan kampus III yang berlokasi di kawasan Juntejo, Kota Batu.

Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag ke radarmalang.id, Selasa (16/10), dana tersebut rencananya akan dipakai untuk membangun gedung-gedung yang akan membentuk lafaz Ar-Rohim. Rencananya, rangkaian gedung kampus III UIN Maliki akan membentuk lafaz Bismillahirohmanirrohim.

“Kami mulai dari situ dulu (Ar Rohim) dan akan dilanjutkan sampai selesai,” ujarnya.

Selain pembangunan fisik, Haris mengungkapkan dana dari SFD tersebut juga akan digunakan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama para dosen dan karyawan dalam bentuk beasiswa untuk melanjutkan studi.

“Supaya ketika memiliki gedung baru nanti, kita nggak asal memiliki saja tapi juga ditopang dengan tenaga SDM yang berkualitas. Jadi akan berjalan seimbang antara sarana dan sumber daya manusianya,” tuturnya.

Haris menuturkan, proyek tersebut akan mulai direalisasikan pada 2020 mendatang, dan ditargetkan selesai pada 2024. Sebagai informasi, Kampus III Lafaz Basmalah ini telah dicanangkan sejak 2016 lalu. Direncakan di lahan seluas 100 hektar tersebut bakal ditempati dua fakultas baru, yakni teknik dan kedokteran.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: istimewa
Penyunting: Fia