Danpuslatpurmar Kenang Pembaretan Panglima

BANTUR – Tongkat komando Pus latpurmar-4 (Pusat Pelatihan Tempur Marinir) Purboyo resmi ber ganti kemarin (3/6). Kini, posisi Komandan Puslatpurmar-4 Purboyo berada di pundak Mayor (Mar) Bayu Aji Alambhana Wannaw Wai. Ia menggantikan Mayor (Mar) Widoyono STr Han MTr (Hanla). Dalam sambutannya, Widoyono mengaku bangga pernah bertugas di Puslatpurmar-4 Purboyo.

Salah satu yang membekas dalam ingatannya adalah pelaksanaan pembaretan yang dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

”Pembaretan Panglima TNI itu pengalaman yang berharga, mes kipun disini hanya dijadikan markas. Itu pengalaman yang membekas selama 18 bu lan menjadi komandan,” terang pria kelahiran Sleman tersebut.

Berikutnya, ia bakal menjabat sebagai Koorsmin Dan kormar. Dari penuturannya, di ketahui masih ada beberapa pe kerjaan rumah yang dia tinggalkan.

Salah satunya yakni me nyediakan akses jalan penghubung di lingkungan Puslatpurmar. ”Saya yakin pengganti saya bisa mengatasinya. Ada jalan yang biasa digunakan bersama masyarakat itu baru di cor 200 meter, sebelumnya itu jalan makadam,” kata dia. D



alam sambutannya, Widoyono juga berpesan agar kehar monisan dengan masyarakat terus dijaga. Ia tak ingin ada kesan tentara itu ekslusif. Yang ia inginkan, tentara harus bi sa dekat dengan masyarakat lewat berbagai kegiatan.

”Sekarang sudah berbeda jamannya, masyarakat itu bagian da ri TNI juga. Kedekatan ini yang harus ditingkatkan,” terangnya.

Sementara itu, Komandan Puslatpurmar-4 Purboyo Mayor (Mar) Bayu Aji Alambhana
Wannaw Wai, juga mengaku bangga bisa menjadi bagian keluarga besar Puslatpurmar Pur boyo. Ia pun menyatakan kesiapan penuhnya menjalani tanggung jawab baru. Termasuk
menyelesaikan pekerjaan rumah yang ditinggalkan komandan sebelumnya.

”Saya yakin bisa menyelesaikan pekerjaan rumah yang belum selesai. Tentu dengan bantuan seluruh rekan-rekan disini,” ungkap dia.

Pesan yang disampaikan Widoyono menurutnya tepat. Karena Puslatpurmar-4 Purboyo memang berlokasi dekat dengan pe mukiman warga. Pola komunikasi yang apik dengan warga bakal terus ditingkatkannya.

”Yang selama ini sudah berjalan baik harus kami pertahankan. Selebihnya harus lebih baik lagi, termasuk menjaga hubungan dengan masyarakat sekitar markas,” tutup dia.

Pewarta: Hafis Iqbal
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Hafis Iqbal