Danau Buyan Meluap, Mess Kebanjiran, Guru Terpaksa Mengungsi

Danau Buyan Meluap, Mess Kebanjiran, Guru Terpaksa Mengungsi

Penyebabnya, mess sekolah yang selama ini mereka tempati sudah kebanjiran. Air tak kunjung surut, karena banjir berasal dari luapan Danau Buyan.

Mess sekolah sudah mulai terendam sejak dua pekan terakhir. Hujan dengan intensitas tinggi memang kerap mengguyur wilayah Desa Pancasari sejak sebulan terakhir.

Rupanya air hujan terus tertampung di Danau Buyan. Parahnya, Danau Buyan mengalami pendangkalan. Akibatnya air terus meluap naik, hingga merendam sekolah.

Awalnya air hanya menggenangi halaman belakang sekolah. Sekejap kemudian, air sudah merendam mess sekolah.

Tiga orang guru yang tinggal di mess sekolah, masing-masing I Made Arjawa, Putu Sumertayasa, dan I Komang Gede Sutha Wardana, akhirnya memilih mengungsi di tempat aman.

“Awalnya sih hanya menggenang biasa. Saya kira akan segera surut. Ternyata tambah naik airnya sampai masuk ke dalam mess, dan belum ada tanda-tanda surut.

Terpaksa saya dan teman-teman ngungsi dulu,” kata salah seorang guru, I Komang Gede Sutha Wardana, yang ditemui di areal sekolah, siang kemarin.

Menurut Sutha, selama musim penghujan air Danau Buyan biasa meluap. Hanya saja kondisi kali ini terbilang parah, karena sekolah sampai kebanjiran.

Alhasil, ia memilih mengungsi ke Desa Selat. Sementara beberapa koleganya yang lain, memilih mengungsi ke rumah kerabat di sekitar Desa Pancasari. 

(rb/eps/mus/mus/JPR)