Dalami Kultur Inggris-Arab, UIN Malang Gelar Expo Academic Humaniora 2019

Peserta lomba news reading sedang bersiap-siap menunjukan keahliannya dalam membacakan berita di Expo Academic Humaniora 2019 di UIN Malang, Rabu (24/4)

KOTA MALANG – Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang mempunyai cara unik untuk menumbuhkan kreatifitas sekaligus keilmuan para mahasiswanya dengan menggelar acara bertajuk “Expo Academic Humaniora 2019”.

Stan makanan di Expo Academic Humaniora 2019 diserbu pengunjung

Wakil Dekan Bagian Akademik Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol, M.Ag mengatakan, kegiatan belajar-mengajar akan dialihkan selama tiga hari, yakni 22-25 April 2019. Jadi, para mahasiswa dan dosen akan memeriahkan Expo tersebut, alih-alih belajar di kelas.

“Sekarang ini kan eranya milenial. Orang tidak hanya belajar di kelas, dosen tidak hanya memberikan ilmu, tapi kita juga berusaha menggali kreatifitas, terus memantik anak untuk kreatif. Lahirlah expo itu”, kata Faisol saat ditemui radarmalang,id, Rabu (24/4).


Expo yang baru pertama kali diadakan tersebut, terdiri dari berbagai lomba, mulai membaca berita, menyusun kata, membuat vlog, hingga desain poster dan cerdas cermat. Selain itu, ada juga bazar untuk memperkaya kemeriahan di gedung Humaniora ini.

Lomba-lomba tersebut dipilih bukan tanpa alasan. Sebab, Kata Faisol, kesemua lomba itu merupakan wadah bagi mahasiswanya untuk mengaktualisasikan ilmu yang mereka dapatkan selama di dalam kelas.

“Contoh, lomba poster. Anak-anak tidak sekadar membuat poster. Tapi kami pilihkan temanya, yakni tentang kultur Inggris dan Arab. Kan itu ada kaitannya dengan mata kuliah cultural studies,” jelas dosen sastra arab ini.

Sepakat dengan Faisol, ketua Expo Humaniora Acadenic 2019, Lina Hanifiyah, M.Pd. berujar, dengan diadakannnya expo ini tidak mengurangi inti dari belajar mengajar di dalam kelas.

“Di sini itu istilahnya outdoor learning ya. Jadi kami tetap belajar, tapi dengan cara yang berbeda. Mahasiswa di sini juga men-display kebahasaan Inggris dan Arabnya juga. Kan academic judulnya,” kata Lina.

Lebih lagi, ia mengatakan, bahwa dosen dalam expo tersebut, juga ikut berpartisipasi dengan menjadi juri dan panitia.

“Kita semua bekerja sama dari dosen sastra arab dan sastra Inggris. Total ada 18. Sisanya kami jadikan juri,” imbuh dosen linguistik tersebut.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia