Daftar Haji Sekarang, Berangkat 25 Tahun Lagi

KOTA BATU – Antrean panjang jamaah haji juga tersaji di Kota Batu. Untuk calon jamaah haji (CJH) yang daftar tahun ini, tercatat baru bisa berangkat 25 tahun lagi. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu Achmad Faiz mengakui bila pendaftar haji setiap tahunnya memang meningkat. ”Kalau daftar sekarang ini, tahun 2043 itu baru berangkatnya,” terang dia saat ditemui koran ini kemarin.

Dalam sehari, Faiz menjelaskan, rata-rata ada dua pendaftar haji di Kemenag Kota Batu. ”Nah, kalau sebulan sudah berapa. Dalam setahun itu, rata-rata pendaftarnya 450–550 orang,” tambah dia. Dibandingkan jumlah kuota haji, angka tersebut memang terlampau tidak berimbang. Sebagai contoh, tahun 2019 mendatang, kuota haji di Kota Batu hanya mencakup 159 orang.

”Jumlah itu yang sudah pasti sesuai nomor porsinya, kalau ke depannya ada penambahan ya bisa saja,” sambung Faiz. Disinggung terkait biaya haji yang berpotensi naik, dia belum bisa memberikan kepastian. ”Kalau naik, kemungkinan bisa. Karena hampir setiap tahun mengalami kenaikan, hanya saja tidak signifikan, berkisar ratusan ribu saja,” imbuhnya.

Dia memperkirakan, sekitar satu hingga dua bulan ke depan, biaya haji 2019 bakal diumumkan. ”Sehingga, target kami pada akhir Januari sampai awal Februari nanti sudah masuk jadwal pelunasan biaya,” kata dia. Untuk pelunasan biaya haji tahun depan, Faiz melanjutkan, memang sengaja dipercepat. Alasannya karena tahun depan ada agenda pemilu.

Pewarta: Aris Dwi
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Bayu Mulya