Cuaca Buruk Hambat Perolehan Ikan

KEPANJEN – Kasus terbaliknya kapal nelayan yang terjadi di Pantai Puger, Jember, Kamis lalu (19/7), membuat Dinas Perikanan Kabupaten Malang bergerak. Imbauan terhadap nelayan di Pesisir Malang Selatan agar tetap waspada, langsung mereka sampaikan. ”Data dari provinsi menyebutkan bahwa gelombang air laut akan tinggi masih akan terjadi untuk beberapa hari ke depan,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang Endang Retnowati.

Efek dari memburuknya cuaca juga sudah Kabupaten Malang rasakan. Hingga bulan ini, angka tangkapan ikan masih belum memuaskan. ”Sampai pagi tadi (kemarin), capaian target kami baru 23 persen dari target total,” tambah Atik– sapaan akrabnya. Di tahun ini, Dinas Perikanan Kabupaten Malang memang menyematkan target tinggi untuk angka tangkapan ikan. Totalnya 12 ribu ton.

Hingga akhir Juni 2018, targetnya baru terpenuhi 2.760 ton. ”Cuaca buruk memang menjadi kendala, di tahun-tahun sebelumnya juga sering begitu,” tambah Atik. Meski masih jauh dari target, dia tetap optimistis. Karena dari penghitungan dinas perikanan, puncak musim ikan biasanya tersaji pada September–Oktober.

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Bayu Mulya
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Bayu Eka Novanta