CPNS, Ada 110 Jatah untuk Guru?

MALANG KOTA Ada kabar baik bagi mereka yang ingin menjadi guru. Lantaran, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang dapat jatah 60 persen dari total kuota aparatur sipil negara (ASN) di Kota Malang.

Berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang, ada 275 pengajuan dari BKD ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Jadi, jika dihitung, dari total 275 pengajuan itu, ada 110 kuota untuk guru.

Kendati demikian, kuota 110 tersebut belum resmi, karena belum ada surat edaran dari Kementerian PAN-RB. Jadi, sifatnya masih pengajuan. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM menyatakan, kekurangan guru di Kota Malang didominasi oleh kebutuhan guru sekolah dasar. Sebab, banyak guru sekolah dasar yang pensiun secara berbarengan.

Oleh karenanya, saat bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Muhadjir Effendy MAP beberapa waktu lalu, dia menjelaskan kekurangan tersebut. ”Saya meminta ke Pak Muhadjir, kalau bisa guru di Kota Malang ditambah,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (7/9).

Dia menambahkan, penurunan jumlah guru di Kota Malang, apabila tidak segera diproses akan berpengaruh di dalam kelas. ”Ketika guru pensiun, rasio antara murid dan guru ikut menurun,” kata Ida, sapaan Zubaidah.



”Sementara untuk membuka rekrutmen, kalau bisa jangan mendadak,” imbuh pejabat eselon II B ini. Menurut dia, jika mendadak, guru-guru honorer tidak bisa mempersiapkan diri secara maksimal.

Berdasarkan hasil analisisnya, kekurangan guru ini akan merata di setiap tahun. Jika rekrutmen dilakukan mendadak dan besar-besaran, bisa jadi belum bisa mengisi kekosongan di tahun-tahun berikutnya.

Paling penting dari rekrutmen, mereka diutamakan berasal dari guru honorer atau mereka yang berpengalaman. Meski begitu, jumlah ini belum bisa dipastikan akan tetap 60 persen atau bakal bertambah. ”Penting bagi kami agar bisa memenuhi kuota guru di masing-masing sekolah,” imbuhnya.

Selain guru, Ida juga sudah mengajukan draf nama kepala sekolah baru dan cadangannya ke BKD. Untuk diketahui, saat ini ada banyak sekolah yang dijabat oleh Plt kepala sekolah. Cadangan ini diperlukan untuk menggantikan kepala sekolah karena berbagai hal, seperti meninggal dunia atau terlilit kasus.

Untuk diketahui, saat ini di tingkat pemerintah pusat memang sedang dibuka pendaftaran CPNS. Untuk pemerintah pusat sebanyak 51.271 kursi dan 186.744 kursi untuk pemerintah daerah.

Pewarata: Sandra Desi
Penyunting: Irham Thoriq