Coffee Morning Tanpa Kopi, Wawali Kota Batu Tetap Full Power Tangkal Isu People Power

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso

KOTA BATU – Senyum ramah terpancar dari raut wajah Wakil Wali Kota Batu Ir. H. Punjul Santoso, SH, MM. Walaupun sedikit lelah menjalani rutinitas ‘coffee morning’ hari Senin (11/5) di Balai Kota Among Tani. Meski puasa, namun Punjul tetap tampil semringah.

“Biasanya setelah coffee morning ada acara makan-makan, ngopi. Tapi itu sebelum bulan puasa,” selorohnya sambil tertawa. “Bukan berarti saya gak kuat puasa lho,” imbuhnya. Meski tidak ada kopi dan makan-makan Punjul tetap full power.

Termasuk saat disinggung mengenai people power yang lagi ramai. “Tindakan makar yang melawan hukum, apapun namanya, harus dicegah. Saya dan wali kota telah berupaya untuk mengadakan sosialisasi kepada masyarakat Kota Batu agar tidak usah ikut-ikutan provokasi,” kata Punjul.

Sosialisasi tersebut di antaranya berupa pemahaman mengenai tindakan-tindakan yang bertentangan dengan hukum. Seperti membela salah satu paslon (pasangan calon) secara berlebihan, menulis hate speech (kalimat kebencian) di media sosial secara frontal dan membawa tokoh-tokoh agama lain demi kepentingan politik.

“Masyarakat harus percaya bahwa petugas KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) telah melakukan tugasnya dengan baik. Indonesia adalah negara hukum. Setidaknya masyarakat jangan terlalu terbawa dengan isu yang belum jelas kebenarannya,” himbaunya.

“Saya harap dengan isu yang berkembang di media mengenai people power tidak mempengaruhi masyarakat Kota Batu dan sekitarnya untuk ikut-ikutan memanas-manasi situasi politik di Indonesia saat ini,” tutupnya.

Pewarta: Zulfa Izdihar
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Zulfa Izdihar